Bupati Yudas Sabaggalet ajak ASN layani masyarakat sepenuh hati. (Foto: Hendrianto L Raja)


Pemerintahan

Bupati Mentawai: Sentuhan Hati Bisa Bina Mental Pegawai

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Menurut Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Yudas Sabaggalet, salah satu upaya untuk membina mental seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah dengan melakukan pendekatan sentuhan hati. Dengan sentuhan hati yang tepat, ASN yang bersangkutan bisa terbina sehingga mampu melayani publik dengan baik.

"Namun, jika tidak ada perubahan, maka eksekusinya diserahkan kepada Sekda (red-Sekretaris Daerah) untuk menindaklanjuti. Inti dari ASN itu sendiri adalah fokus dengan fungsinya sebagai pelayan publik. Bukan berperilaku mengurus profesi lain yang bukan urusan seorang pegawai negeri," ujar Yudas, baru-baru ini.

Dikatakan, penyegaran juga perlu diberikan kepada para ASN, yaitu melalui pembinaan mental, pembinaan spiritualm dan pembinaan orientasi. Ini semua ditujukan untuk penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang baik oleh seorang seorang pelayan publik.


Yudas menegaskan, ASN perlu menyadari untuk menjalankan tugas setiap hari sebagai pegawai negeri yang memiliki pekerjaan dengan beban moral yang tinggi.

Yudas juga mengimbau agar seluruh ASN bekerja sepenuh hati membangun Kepulauan Mentawai.

"Jangan sampai setengah hati bekerja," katanya.

Ditambahkan, dalam menjalankan sebuah tugas pemerintahan, ASN harus mengikuti prosedur.

"Bukannya berlagak seperti politikus atau yang lainnya, karena akan berdampak pada kinerja dan akan melawan hukum jika ketahuan dalam berpolitik praktis," ujarnya. (017)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *