Tanah longsor terjadi di Baruh Nagari Padang Tarok Kecamatan Baso Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (5/5/2019). (Foto: Ist.)


Bencana

Tangani Tanah Longsor di Agam, Alat Berat Dikerahkan

LUBUKBASUNG (SumbarFokus)

Satu unit alat berat dikerahkan Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), untuk membersihkan material tanah longsor yang menimbun badan jalan di Baruh, Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Minggu (5/5/2019) sekitar pukul 03.00 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Wahyu Bestari di Lubukbasung, Minggu (5/5/2019), mengatakan alat berat jenis loader ini telah berada di Kecamatan Baso.

"Kita sedang menunggu operator dan apabila sudah sampai langsung membersihkan tanah longsor," katanya.


Disebutkan, material tanah longsor berbatuan dan pohon yang menimbun badan sepanjang 30 meter dan tinggi empat meter. Kondisi ini menyulitkan warga untuk membawa hasil perkebunan dan pertanian ke rumah mereka.

Untuk ini, BPBD setempat, perangkat kecamatan, nagari dan masyarakat telah melakukan gotong royong untuk membersihkan material longsor dengan alat seadanya, sehingga jalan itu sudah bisa dilewati kendaraan roda dua.

Dijelaskan, tanah longsor terjadi akibat curah hujan tinggi melanda daerah pada Sabtu (4/5/2019) malam sampai Minggu dini hari.

Selain tanah longsor, pohon tumbang juga menutup badan jalan di Banda Baru, Kecamatan Lubukbasung. Namun, pohon sudah dibersihkan dan akses transportasi saat ini sudah lancar.  

Wahyu mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati jalan yang banyak pohon, perbukitan dan daerah dataran rendah saat curah hujan tinggi.

"Apabila angin kencang disertai hujan, segera berlindung ke daerah lebih aman dan tidak ada pohon," ujarnya. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agambencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *