Wagub Nasrul Abit saat membuka Sosialisasi Pencegahan Perbuatan Maksiat bagi Mahasiswa/wi Perguruan Tinggi di Kota Padang, Rabu (19/6/2019). (Foto: Wahyu)


Pendidikan

Wagub Sumbar Imbau Mahasiswa Perkuat Nilai Keagamaan

PADANG (SumbarFokus)

Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengajak mahasiswa untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan. Langkah ini dilakukan demi membentengi diri dari perilaku negatif. 

"Jika mahasiswa tidak bisa membentengi dirinya dengan nilai agama maka akan dipengaruhi perilaku negatif yang ada di lingkungan sekitarnya. Jadi, pemahaman agama ini paling utama mesti ada dalam diri," ujarnya saat Sosialisasi Pencegahan Perbuatan Maksiat bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Padang, Rabu (19/6/2019).

Disebutkannya, saat ini persoalan sosial sering muncul dalam berbagai bentuk yang sangat melenceng dari nilai adat, budaya, serta agama, termasuk di daerah Sumbar. Misalnya, narkoba, maksiat, minuman keras, dan perilaku menyimpang lainnya. 


Menurut mantan Bupati Pesisir Selatan ini, peranan aktif mahasiswa dalam menganalisis setiap persoalan sosial sangat diperlukan. Upaya ini diwujudkan dalam tindakan nyata untuk mengubah tatanan sosial dan perilaku ke arah yang lebih baik.

"Mahasiswa juga mesti mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya. Tidak hanya membentengi dirinya saja, tapi juga turut mensosialisasikannya di lingkungan masing-masing," jelas Nasrul.

Selain itu, kata Nasrul untuk memberantas maksiat ini perlu peran serta bersama semua elemen, baik itu pemerintah maupun masyarakat, hingga mahasiswa. Apalagi mahasiswa sangat dekat dengan masyarakat, dan memahami fenomena sosial.

"Semua pihak mesti bersatu, karena untuk mencegah perilaku negatif ini tidak bisa dijalankan dengan sendiri. Semakin hari perilaku negatif juga semakin meningkat. Maka, untuk itu perlu upaya bersama dalam pencegahannya," pungkasnya. 

Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Kepala Kesebangpol Sumbar, Nazwir, dan Kepala Satpol PP dan Damkar Sumbar, Dedi Prima Taulani, Ketua MUI Sumbar, Buya Gusrizal Gazahar, serta peserta dihadiri mahasiswa perguruan tinggi di Kota Padang. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *