Askab PSSI Agam Gelar Kongres Pemilihan Ketum

Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Agam menggelar kongres pemilihan ketua umum (ketum), Kamis (12/10/2023) di Lubuk Basung. (Foto: Ist.)

AGAM (SumbarFokus)

Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Agam menggelar kongres pemilihan ketua umum (ketum), Kamis (12/10/2023) di Lubuk Basung.

Bacaan Lainnya

Plt Ketua Umum Askab PSSI Agam, Suhatry Bur mengatakan, dunia sepak bola di daerah itu membutuhkan perhatian yang serius. Pasalnya, Agam memiliki potensi besar berjaya di dunia sepak bola.

“Saat ini klub sepak bola yang ada di Agam sudah tiga yakni PSKA Agam, Tunas Harapan dan Tiku Putra,” sebutnya.

Ketiga klub ini katanya, berpotensi berlaga di liga 3. Sehingga, ia berharap ditampuk pengurus Askab PSSI Agam yang baru berkomitmen memajukan dunia sepak bola di daerah itu.

“Siapapun ketua terpilih nanti diharapkan dapat segera berkonsolidasi dan fokus melakukan pembinaan kepada klub-klub yang sudah ada,” tuturnya.

Hal senada juga diutarakan Sekretaris Umum Asprov PSSI Sumbar, Hendra Dupa yang menyebut memajukan dunia sepak bola membutuhkan tim yang mengedapankan solidaritas.

“Dunia sepak bola tidak bisa dikelola segelintir orang, akan tetapi membutuhkan tim yang solid. Ini akan menjadi PR bagi ketua terpilih nantinya,” kata dia.

Ketua terpilih nantinya lanjut Hendra, harus segera berkonsolidasi dengan klub-klub yang ada. Selain itu Askab PSSI Agam harus mampu mengakomodir aspirasi insan pesepak bola.

“Kemudian diharapkan juga dukungan banyak pihak, baik pemerintah daerah, KONI ataupun stakeholder terkait,” ucapnya.

Ketua KONI Agam, Edi Busti dalam sambutannya mengatakan kongres Askab PSSI Agam semoga menjadi momentum kebangkitan dunia olahraga di daerah itu.

“KONI Agam tentunya akan memberi dukungan untuk kemajuan olahraga, dalam hal ini sepak bola,” katanya.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman saat membuka kongres Askab PSSI Agam mengatakan daerahnya memiliki potensi besar untuk kemajuan sepak bola. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya lapangan bola yang ada di daerah itu.

Pihaknya berharap, pengurus yang baru dapat melahirkan ikon-ikon pesepak bola Agam di kancah nasional ataupun internasional.

“Pemerintah daerah juga berharap, 2023 PSSI Agam bisa menggelar iven yang melibatkan klub-klub di Sumbar. Ini juga upaya mendukung tahun pariwisata provinsi,” katanya.

Ditegaskan, Askab PSSI Agam untuk melakukan pembinaan terhadap klub sepak bola yang ada. Selain itu, ia berharap muncul klub-klub bola terdaftar lainnya.

“Jika saat ini ada tiga klub, semoga kedepan lahir banyak klub yang terdaftar di PSSI,” ujarnya. (000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait