Bahas Daerah Otonomi Baru, Ketua DPRD dan anggota Banggar DPRD Kabupaten Agam Datangi DPRD Sumbar

Sekwan DPRD Provinsi Sumatera Barat Raflis menerima kunjungan Ketua DPRD dan anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Agam. (Foto: DPRD Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Sekwan DPRD Provinsi Sumatera Barat Raflis menerima kunjungan Ketua DPRD dan anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Agam. Salah satunya dibahas soal perkembangan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Agam, Jumat (14/6/2024), di Ruang Khusus 2 DPRD Sumbar.

Bacaan Lainnya

“DPRD Sumbar telah melakukan kajian dari para ahli, sesuai aturan yang berlaku, karena memang harus ada persetujuan dari Pemprov Sumbar. Untuk DPRD Provinsi Sumbar sedang proses di tingkat pimpinan, karena kepadatan agenda dengan target Ranperda dibahas, Pansus RPJPD yang jadi acuan bakal calon kepala daerah di Kabupaten dan Kota,” urai Sekwan Raflis.

Dikatakan, pihaknya memang sedang banyak menerima surat untuk DOB.

“RPJPD 2025- 2045 Provinsi dapat disinkronkan dengan RPJPD Kabupaten melalui konsultasi Badan Perencanaan Daerah (Bappeda ) Provinsi Sumbar,” sebut Raflis lagi.

Ditambahkan, sekretariat DPRD Sumbar memiliki tim ahli dalam perencanaan yang merupakan tokoh di bidangnya, semua hal ini juga dilakukan evaluasi.

Ketua DPRD Kabupaten Agam Novi Irwan mengatakan, pihaknya telah mendorong pemekaran Nagari Kabupaten Agam, karena permintaan masyarakat yang sangat tinggi.

“Lebih kurang 65 Nagari telah menandatangani berkesepatakan lengkap dengan naskah akademik dari sudut pandangan pakar untuk menentukan Ibu Kota baru, menjadi dasar Perda,” ujar Novi

Kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab interaktif, dimana anggota DPRD Kabupaten Agam memperoleh banyak wawasan baru diharapkan dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas di daerah. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait