Begini Teknis Pemilihan Rektor UNP Periode 2024-2029

Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Negeri Padang (UNP) sudah mengumumkan pemilihan Rektor (Pilrek) UNP Periode Tahun 2024-2029. (Foto: UNP/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Negeri Padang (UNP) sudah mengumumkan pemilihan Rektor (Pilrek) UNP Periode Tahun 2024-2029. Pengumuman ini dikeluarkan seiring  dengan akan berakhirnya masa jabatan Rektor Prof. Ganefri, Ph.D pada 4 Juni 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Adapun tahapan pemilihan rektor baru ini sudah memasuki pendaftaran dan penerimaan berkas calon rektor sejak 22 Januari 2024 lalu dan berakhir pada 4 Maret 2024 mendatang.

Prof. Ganefri pada Jumpa Pers yang digelar, Kamis (24/1/2024) kemarin mengungkapkan bawah sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 114 Tahun 2021 Tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum UNP, yang memiliki wewenang untuk memilih dan mengangkat Rektor UNP adalah Majelis Wali Amanat (MWA)

Oleh karena itu, lanjutnya, saat ini MWA telah menunjuk Panitia Pemilihan Rektor untuk membantu MWA melakukan penjaringan dan penyaringan para calon rektor yang nantinya akan dipilih langsung oleh anggota MWA yang terdiri dari 17 orang.

“17 orang anggota MWA itu terdiri dari yang pertama Menteri Pendidikan Kebudayaan itu eksekusium. Jadi siapapun menterinya akan menjadi anggota MWA. Lanjut MWA juga terdiri dari Ketua Senat Akademik Universitas (SAU), Rektor, unsur masyarakat 4 orang,  utusan alumni 1 orang, mahasiswa 1 orang, dari Tendik (Tenaga Kependidikan) 1 orang dan dosen 7 orang. 17 orang ini yang berhak melakukan pemilihan dan pengangkatan rektor,” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk komposisi suara, sebenarnya total suara MWA adalah 25 suara, karena Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim mendapat porsi 35 persen atau 9 suara, dan sisanya 16 suara adalah anggota MWA lainnya. “Ini proses paling akhir dimana tinggal 3 calon rektor.”

Sebelum menyisakan 3 calon rektor untuk dipilih langsung oleh anggota MWA, para calon rektor nantinya akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misinya sebagai Rektor UNP di Rapat Terbuka Sidang Akademik Universitas yang dihadiri SAU, MWA dan sejumlah dosen serta empat orang panelis yang ditunjuk langsung oleh MWA.

“Keempat panelis inilah yang nanti menggali potensi serta visi-misi calon rektor. Keempat panelis ini adalah Mantan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi. DEA, kemudian Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Arif Satria, SP, MSi. Kemudian saya sendiri (red-Prof. Ganefri) selanjutnya mantan Rektor UNP, Prof. Dr. Phil. Yanuar Kiram,” terang Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia itu.

“Insyaallah dengan proses terbuka, siapa saja yang sesuai dengan kriteria MWA bisa mengikuti proses seleksi ini. Tentunya kita semua berharap seleksi ini menemukan Rektor terbaik yang mampu membangun dan meneruskan apa yang sudah kita lakukan. Bahkan kita harapkan lebih baik dari sebelumnya,” tambah Prof. Ganefri.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua SAU, Prof. Dr. Lutfi, M.S. Ia mengungkapkan siap bekerjasama dengan MWA untuk menyukseskan pemilihan Rektor UNP Periode 2024-2029.

“Sebagai mitra kerja ada yang melimpahkan atau menugaskan kepada SAU untuk melakukan semacam forum terbuka. Pada forum terbuka itu nanti para calon rektor menyajikan kertas kerjanya, kita mengundang 4 panelis. Disaring dulu menjadi 3, baru dipilih MWA bersama Menteri. Kita bekerjasama untuk mendapatkan rektor terbaik untuk UNP,” ungkap Prof. Lutfi.

Sementara itu, Ketua Pilrek UNP Prof Alnedral menyebutkan persyaratan menjadi Rektor UNP antara lain, memiliki gelar akademik doktor yang berasal dari PT dalam negeri yang terakreditasi atau PT luar negeri yang diakui oleh Kementerian, memiliki kompetensi manajerial yang tinggi, berusia paling tinggi 60 tahun saat berakhirnya masa jabatan Rektor yang sedang menjabat.

Turut hadir dalam acara Jumpa Pers itu Ketua MWA Prof. Dr. Z Mawardi Effendi, M.Pd, Sekretaris Pemilihan Rektor Dr. Zadrian Ardi, S.Pd, M.Pd, Kons, Bidang Sosialisasi Pemilihan Rektor Dr. Hendra Hidayat, S.Pd., M.Pd, Kepala Kantor Layanan Informasi Humas dan Protokoler UNP, Okki Trinanda , S.E, M.M, serta Staf Humas UNP. (000/unp)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait