BLK Painan Latih Canaker Pessel

Calon Tenaga Kerja (Canaker) di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat diberi pelatihan instalasi listrik, teknisi AC, danpp pengelasan oleh UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Painan. (Foto: Rega Desfinal/sumbarfokus.com)

PESISIR SELATAN (SumbarFokus)

Calon Tenaga Kerja (Canaker) di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat diberi pelatihan instalasi listrik, teknisi AC, danpp pengelasan oleh UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Painan.

Bacaan Lainnya

Pelatihan berbasis kompetensi ini dalam upaya menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Pesisir Selatan.

Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar di UPTD BLK Painan, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan, Rabu (7/6/2023).

“Ada tiga pelatihan yang digelar UPTD BLK Painan diantaranya pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana, teknisi AC Residential, dan pengelasan Fillet Welder SMAW 3F,” kata Jafri Wandi, Plt. Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan.

Jafri Wandi menyampaikan bahwa pelatihan BLK Painan sebagai salah satu upaya dalam menurunkan angka pengangguran.

“Pelatihan di BLK Painan merupakan salah satu upaya penurunan angka pengangguran terbuka di Pesisir Selatan, karena dengan pelatihan tentunya akan menjadikan canaker lebih berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja dan dunia usaha,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Rusma Yul Anwar dalam sambutannya mengapresiasi pelatihan yang dilakukan oleh UPTD BLK Painan.

“Semoga peserta yang telah melakukan pelatihan dan telah lulus uji kompetensi, mampu bersaing dengan kompetitor lainnya dalam mencari kerja atau membuka usaha sendiri,” harap bupati.

Bupati juga berpesan kepada peserta pelatihan bahwasanya persaingan di luar sana semakin ketat, maka dari itu persiapkan diri dan utamakan sikap dan etos kerja di dalam bekerja.

Menurutnya, kompetisi di dunia kerja saat ini semakin ketat, di masa-masa produktifitas ini maka pergunakanlah keterampilan yang dimiliki dengan sebaik-baiknya.

“Untuk itu petakan dan rencanakan masa depan adik-adik, semoga ke depan adik-adik mampu berdaya saing dengan kompetitor lainnya,” tuturnya.(019)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait