Bupati Pasaman Awali Safari Ramadan 1445 H di Duo Koto

Bupati Pasaman Sabar AS saat menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Nurul Falah, jorong harapan Rakyat, Nagari Cubadak Kecamatan Dua Koto Sabtu malam. (Foto : PemkabPasaman/SumbarFokus.com)

PASAMAN (SumbarFokus)

Mengawali Safari Ramadan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Bupati Sabar AS mengunjungi Masjid Nurul Falah, Jorong Harapan Rakyat, Nagari Cubadak, Sabtu (16/3/2024).

Bacaan Lainnya

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Plt Sekda Pasaman Yasri Uripsyah, Kepala OPD, Ketua Baznas Pasaman Asnil M, Perwakilan Bank Nagari, Direktur Rumah Sakit Tuanku Rao, mewakili Rumah Sakit Tuanku Imam Bonjol.

Salah seorang tokoh masyarakat Cubadak Duo Koto Ahmad Azizan, pada kesempatan tersebut, mengatakan, atas nama masyarakat Cubadak sangat berterima kasih atas hadirnya Ketua Tim I Safari Ramadan Kabupaten Pasaman di Masjid Kampung Bandar Luar.

“Dalam hal ini, terkait jalan yang belum diaspal dari jalan utama arah ke Masjid tersebut, kita berharap dalam waktu dekat dapat dibangun oleh Pemerintah Daerah, sekaligus sarana dan prasarana masjid tersebut,” ujar Azizan.

Dia menyebut, masyarakat sangat yakin bahwa keberlanjutan pembangunan akan terus dilaksanakan di Pasaman oleh Sabar AS, termasuk program Pendidikan gratis dan pengobatan gratis yang sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Pasaman termasuk Duo Koto, terang Azizan.

Sementara, Bupati Pasaman Sabar AS dalam arahannya pada kegiatan Safari Ramadan tersebut mengatakan, tujuan dilaksanakannya Safari Ramadan ini adalah untuk menjalin silaturahmi yang kuat antara jajaran pemerintah daerah dengan seluruh unsur masyarakat.

Selain itu, Safari Ramadan bertujuan untuk penyampaian Informasi pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan, termasuk penyampaian program prioritas pemerintah salah satunya adalah mewujudkan masyarakat Pasaman yang beriman dan bertakwa.

Terkait ini, program-program yang diangkat antara lain Program Magrib mengaji dan Program Tahfiz.

“Dalam hal ini, pemerintah daerah dalam pendidikan non formal terus ditingkatkan. Hal ini tercermin dari adanya guru tahfiz yang diberi honor dari APBD Pasaman,” jelas Sabar AS.

Selain itu, Sabar AS juga menjelaskan terkait program Pasaman Cerdas, di antaranya oemberian program pendidikan gratis 12 tahun mulai dari Sekolah Dasar sampai SLTA, termasuk juga adanya bea siswa bagi siswa atau mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi.

“Menyikapi apa yang diharapkan masyarakat setempat, kita akan upayakan adanya peningkatan jalan tersebut, dalam hal ini akan kita prioritaskan untuk tahun depan. Hal ini salah satu dukungan terhadap program Pasaman yang terakses,” sebut Bupati.

Dengan adanya Program Pasaman terakses ini, diproyeksikan nantinya akan dapat meningkatkan sektor ekonomi, termasuk meningkatkan potensi daerah, guna untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, juga diserahkan bantuan dari tim Safari Ramadan uang sebesar Rp25 juta terhadap masjid tersebut, yang diterima oleh Ketua Pengurus Masjid.

Selain itu juga diserahkan bantuan dari bank Nagari Cabang Lubuk sikaping uang sebesar Rp1,5 juta pada pihak masjid.

Sementara, Baznas Pasaman juga menyerahkan bantuan biaya hidup untuk 10 orang manula sebesar Rp400 ribu, dan bantuan bea siswa terhadap 17 orang penerima, masing masing sebesar Rp1 juta.

Usai kegiatan Safari Ramadan, kepada awak media, Wali Nagari Cubadak Khairul Watan mengatakan, sebanyak 10 program prioritas RPJMD Nagari Cubadak seluruhnya terealisasi dengan program prioritas Pemerintah daerah Pasaman yang dipimpin oleh Sabar AS.

Tidak hanya itu, saat ini juga dibangun SSB (Sekolah Sepak Bola) pondok Al-Qur’an. Di samping itu, untuk sektor ekonomi kita fokus peningkatan produksi UMKM daerah nagari, dan banyak lagi program yang lebih mengacu pada kepentingan masyarakat.

Sementara, untuk sektor pertanian saat ini juga dilaksanakan Program Kentang (Ketahanan Pangan), di antaranya pembudidayaan tanaman kentang, jagung, dan tanaman lain, yang akan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

“Kita berharap, Nagari Cubadak dijadikan daerah sentra tanaman Sayuran,” harap Khairul Watan. (016)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait