Bupati Pasaman Berikan Mata Kuliah Umum kepada Mahasiswa ITERA Lampung

Bupati Pasaman Sabar AS saat memberikan Kuliah Umum di ITERA Lampung. (Foto : PemkabPasaman/SumbarFokus.com)

PASAMAN (SumbarFokus)

Bupati Pasaman Sabar AS memberi kuliah umum di ITERA Lampung, Senin (26/2/2024). Sabar AS disambut langsung oleh Rektor ITERA Lampung I Nyoman Pugeg Aryanta bersama unsur pimpinan ITERA Lampung.

Bacaan Lainnya

Bupati, dalam kesempatan itu, mengatakan bahwa perlu usaha keras dan mengejar semua peluang dengan sinergi dan kolaborasi.

Di hadapan rektor, pimpinan ITERA, dan ratusan mahasiswa yang memenuhi gedung GKU 2 ITERA Lampung, Sabar AS secara lugas dan terinci menjelaskan seluruh potensi Pasaman dan langkah pengembangannya.

Langkah-langkah tersebut dikemas ke dalam visi, misi, dan program prioritas Pemkab Pasaman. Dari sepuluh program prioritas, dikatakan, salah satunya adalah Pasaman Tujuan Wisata.

“Saya sudah kali dua ke ITERA karena saya melihat ada peluang yang sama ITERA dengan Pemkab Pasaman,” sebut Sabar AS.

Bupati juga mengatakan bahwa Pasaman punya peluang maju lebih baik karena berada di segitiga emas, lokasi antara antara Provinsi Riau, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.

Di sisi lain, Pasaman juga punya daya tarik alam yakni pariwisata astro-eco-tourism dan geopark.

Dengan adanya kerja sama dengan ITERA ini, tertumpang rasa optimis menjadikan Pasaman tujuan wisata potensial di Sumatra.

“Oleh sebab itu, perlu dukungan dari berbagai pihak, di antaranya ITERA Lampung,” ujar Sabar AS.

Bupati juga mengungkapkan keseriusannya dalam mengembangkan potensi alam Pasaman, salah satunya adalah melalui Geopark.

“Program prioritas dalam mendukung pengembangan Geopark di antaranya _Pasaman Cerdas, Pasaman Memajukan Ekonomi Kerakyatan, Pasaman Tanggap Bencana, Pasaman Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan, Pasaman Tujuan Wisata, dan Pasaman Berbudaya._

Sementara, rektor ITERA Lampung I Nyoman Pugeg Aryanta, dalam sambutannya, mengatakan terima kasih atas kedatangan Bupati.

“Terima kasih, dan kami mendapat informasi banyak tentang potensi Pasaman dalam mengembangkan Geopark, dan itu sangat cocok untuk ITERA. Kita mendapatkan pencerahan dan wadah pengembangan produk ke depan,” ujar I Nyoman Pugeg Aryanta.

Begitu juga dengan MoU yang akan ditandatangani, merupakan peningkatan indikator kinerja ITERA dan mata kuliah, yakni Pengabdian Masyarakat.

“Bagi kami tekad Rektor ITERA, Kabupaten Pasaman bisa sebagai wadah pengembangan ilmu pengetahuan di setiap jurusan yang kami miliki. Pasaman akan menjadi tempat pengabdian ITERA ke depan,” tegasnya.

Disampaikan, misi kampus ITERA Lampung yakni Menjadi perguruan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia, serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia dengan memberdayakan potensi yang ada di wilayah Sumatera dan sekitarnya.

Selian itu, juga berkonstribusi pada pemberdayaan potensi yang ada di wilayah Sumatera khususnya, dan Indonesia serta dunia melalui keunggulan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan ilmu kemanusiaan.

Dalam kuliah umum yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa tersebut, terkemuka dukungan dari berbagai kalangan, salah satunya adalah mahasiswa ITERA Lampung. Dukungan juga terlihat dari berbagai pernyataan dan dukungan yang diberikan kepada Bupati Pasaman.

Setelah kuliah umum, Rektor ITERA mengajak Sabar AS dan rombongan melihat Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL).

Dikatakan juga, banyak yang bisa dikerjasamakan dalam pengembangan wisata astronomi di Pasaman.

“Dalam waktu dekat monitornya bisa ada di Pasaman, teleskopnya tetap disini,” ujar rektor.

Sabar AS juga diperlihatkan berbagai wadah praktek mahasiswa dalam berbagai bidang keilmuan lainya termasuk pengembangan sampah, pertanian dan perikanan. (016)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait