Bupati Solok Hadiri Pelatihan Manasik Haji di Nagari Alahan Panjang

Solok
Bupati Solok Epyardi Asda beserta rombongan menghadiri acara Manasik Haji yang diaksanakan di Nagari ALahan Panjang, Lembah Gumanti, Selasa (7/2/2023). (Foto: Ist.)

SOLOK (SumbarFokus)

Bupati Solok Epyardi Asda beserta rombongan menghadiri acara Manasik Haji yang diaksanakan di Nagari ALahan Panjang, Lembah Gumanti, Selasa (7/2/2023).

Bacaan Lainnya

Tampak hadir bersama Bupati Solok, anggota DPR RI Komisi V Atari Gauthi Ardi, Pimpinan DPRD Kab. Solok Ivoni Munir beserta Anggota Asisten I Syahrial, Plt. Asisten II Deni Prihatni, Camat Lembah Gumanti dan unsur Forkopincam, Direktur PDAM Alahan Panjang, Pimpinan Bank Nagari cabang Alahan Panjang, Ketua IGTK, Himpaudi se-Kec. Lembah Gumanti, Tokoh Masyarakat, Adat dan Agama, Pesrta Manasik Haji, dan Tamu undangan Lainnya.

Husnelia selaku ketua panitia, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok dan rombongan, anggota DPR RI komisi V dan Pimpinan DPRD Kab. Solok beserta anggota yang telah hadir dalam acara pelatihan manasik haji untuk anak-anak taman kanak-kanak se Kec. Lembah Gumanti, acara tersebut bisa terlaksana dengan baik karena ada kerjasama yang baik dari berbagai elemen masyarakat dan pemerintah nagari.

“Tujuan dilaksanakan acara tersebut adalah untuk mengenalkan kepada anak-anak bagaimana proses dari ibadah Haji. Kurang lebih 800 orang peserta dari lembaga Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Lembah Gumanti, 140 tenaga pendidik dan walimurid serta berbagai elemen yang membantu terlaksananya acara tersebut.  Acara Manasik Haji itu merupakan agenda rutin setiap tahun yang di lakukan oleh IGTK cabang Lembah Gumanti, masyarakat berharap agar Bupati Solok bisa memberikan perhatian kepada hal tersebut, dan membantu pembangunan infrasruktur berupa pagar dan atap. Hal ini bertujuan agar semua masyarakat bisa merasakan manfaatnya dan kegiatan tersebut bisa lebih baik lagi dalam hal pelaksanaannya,” ujar nya

Wali Nagari Alahan Panjang Zulkarnain menyampaikan, bahwa masyarakat Nagari Alahan Panjang berterimakasih kepada Athari selaku anggota DPR RI yang telah membawa banyak program-program yang benar-benar bisa memberikan dampak positif dan meningkatkan taraf hidup dari masyarakat, diantaranya adalah Program Kotaku, bedah rumah, jalan usaha tani dan lain sebagainya.

Dijelaskannya, Pada tahun 2022 ada sekitar kurang lebih 4 Milyar dana telah di kucurkan untuk Nagari Alahan Panjang. Salah satu progam yang benar-benar bermanfaat adalah Pamsimas, dimana 5 Jororng yang ada telah mendapatkan 1 unit Pamsimas, namun untuk saat sekarang, baru mencapai 140 rumah di setiap jorong.  Zulkarnain berharap, semoga pada tahun berikutnya, jaringan untuk Pamsimas bisa mencapai 500 rumah per Jorong, agar kebutuhan air bersih bisa di dapat masyarakat yang lebih banyak.

Ivony Munir dalam sambutannya sangat mendukung kegiatan tersebut, Ia memberikan apresiasi kepada SKPD yang telah bekerja keras demi meningkatkan pelayanan dan hasil terbaik kepada masyarakat Kabupaten Solok. Ivoni mengucapkan selamat atas terlaksananya kegiatan Manasik Haji tersebut, semoga menjadi amal ibadah nantinya.

Menyambung hal tersebut, anggota DPR RI atari Gauthi Ardi juga berterimakasih kepada panitia dan masyarakat Nagari ALahan Panjang, karena telah di undang di acara tersebut. Saya sangat mendukung acara keagamaan sperti ini, ini sangat bagus untuk membentengi anak-anak kita dari paparan radikalisme dan hal-hal negatif dari media sosial, Saat ini ada program dari Pusat untuk pesantren dengan dana 200 Juta untuk pembangunan MCK, untuk itu Atari meminta kepada Wali Nagari agar mendata berapa pesantren yang ada di Nagari atau Kecamatan agar nanti bisa di survey apakah memenuhi persyaratan untuk mendapat bantuan tersebut.

“Saya berjanji akan terus memperjuangkan Masyarakat Kabupaten Solok, dan berusaha menjalin hubungan baik dengan pemerintah Kabupaten Solok. Semoga dengan acara ini, generasi muda bisa menjadi insan yang baik dan ber- akhlak” ujar Anggota DPR RI tersebut.

Bupati Solok dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada orang tua yang telah menjaga dan mendidik anak-anak dengan baik dimana nantinya anak-anak tersebut yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Di tuturkan bupati bahwa Kabupaten Solok saat in sudah bangkit yang di tandai dengan banyaknya penghargaan yang di raih, seperti pelayanan publik yang dulunya mendapat penilaian terburuk dari ombudsman, sekarang menjadi yang terbaik di Sumatera Barat, UMKM yang dulunya buruk, sekarang menjadi yang terbaik.

“Saya sangat mendukung kegiatan keagamaan seperti ini, jika masyarakat mau menyerahkan pengurusan Tempat manasik Haji tersebut kepada Pemda, Pemda akan membangun tempat tersebut dengan sangat layak dan baik. Atau bisa dengan di kelola Oleh pemerintah Nagari, sehingga Pemda akan memberikan Dana khusus.” ucap Bupati

Lebih lanjut Epyardi mengatakan bahwa pembangunan di Nagari Alahan panjang sudah cukup baik, oleh karena itu akan di tingkatkan lagi di masa yang akan datang.

Selanjutnya acara di lanjutkan dengan di bukanya Manasik Haji secara resmi oleh Bupati, serta dialoq dengan masyarakat untuk menampung segala aspirasi yang di antaranya Kepala Puskesmas meminta perlengkapan untuk 5 Pustu yang ada di Alahan Panjang dikarenkan sudah tidak layak, serta meminta perluasan gedung untuk menampung lebih banyak pasien Penambahan ruang inap dan gedung pertemuan.

Sementara Sekolah dasar dan SMP meminta agar di bangunkannya  Mushalla, tempat wudhu dan MCK, serta perbaikan gedung dan penambahan mobiler dan ruang belajar baru. Selain itu Masyarakat juga meminta perbaikan jalan yang rusak parah, serta jalan yang baru dibuka agar segera dilakukan pengerasan.

Acara di lanjutkan dengan gunting pita peresmian Pamsimas tahun 2022 di Jorong Usak Alahan Panjang Kec. lembah Gumanti.

(000)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait