Catat! Penyebab dan Cara Motor Tidak Bisa Hidup

Catat! Penyebab dan Cara Motor Tidak Bisa Hidup. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Bagi pengguna kendaraan bermotor, seringkali mereka menghadapi berbagai kendala teknis yang dapat membuat motor tiba-tiba tidak dapat dihidupkan.

Bacaan Lainnya

Terkadang, kondisi ini dapat menjadi sangat mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari, terutama jika terjadi di tengah perjalanan atau saat akan melakukan perjalanan penting.

Ketika menghadapi kondisi seperti ini, pengguna kendaraan bermotor perlu mengidentifikasi terlebih dahulu penyebabnya sebelum dapat mengambil tindakan perbaikan yang tepat.

Berikut ini adalah penyebab dan cara memgatasi motor tidak bisa dihidupkan:

1. Kerusakan pada Busi
Ketika motor tidak bisa hidup, cobalah Anda memeriksa kondisi gusi. Jika sudah tampak longgar atau berwarna hitam pekat, maka itu merupakan pertanda kondisinya sudah tidak bagus. Segeralah ganti dengan gusi yang baru sehingga bisa berfungsi dengan optimal dan motor bisa menyala kembali.

Lalu, jika terdapat kerusakan pada kabel gusi, maka bagian itu juga sebaiknya segera untuh diganti.

2. Bagian Karburator Bemasalah
Karburator memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar yang diperlukan mesin. Jika ada kerusakan atau masalah, maka bahan bakar tidak dapat disalurkan dengan dan akhirnya motor tidaka bisa hidup.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda disarankan untuk memeriksa tekanan bahan bakar. Caranya adalah dengan membuka karburator dan menyetelnya dengan hati-hati. Jika terdapat masalah banjir bahan bakar di dalamnya, Anda perlu mengeluarkan bahan bakar yang berlebihan, kemudian mencoba lagi menyalakan starter. Lakukan langkah ini berulang kali hingga mesin motor dapat dinyalakan secara normal.

3. Terjadi Korsleting di Sistem Starting
Ini bisa terjadi terutama pada bagian starter karena terminal starter berada cukup dekat dengan logam mesin.

Untuk memahami penyebabnya, Anda dapat memeriksa bagian tersebut. Jika ada tanda-tanda bekas terbakar, itu mungkin menandakan adanya korsleting yang mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, disarankan untuk membersihkan bagian tersebut karena biasanya terdapat kerak yang cukup terlihat. Anda dapat membuka sistem starter dari motor Anda dan membersihkan kerak tersebut. Biasanya, area tersebut akan berwarna hitam karena merupakan bekas terbakar.

Setelah itu, pasang kembali bagian sekering, tetapi pastikan tidak terlalu dekat satu sama lain, dan tambahkan penyekat jika diperlukan.

4. Bensin Tidak Turun
Bahan bakar mengalir dari tangki menuju karburator menggunakan prinsip perbedaan ketinggian. Tangki yang berada pada posisi yang lebih tinggi akan mendorong bahan bakar untuk mengalir secara alami menuju karburator.

Namun, ketika motor dibiarkan diam selama beberapa hari, seringkali muncul masalah di mana udara terperangkap di dalam selang bahan bakar. Hal ini terjadi karena tidak ada pompa yang mendorong bahan bakar, sehingga udara akan menghalangi aliran bahan bakar ke karburator, membuat mesin sulit dihidupkan.

Mengatasi masalah ini sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu melepas selang radiator yang menghubungkan input karburator dengan menggunakan klem kawat. Setelah dilepas, tunggu sampai bahan bakar mengalir kembali seperti biasa. Kemudian pasang kembali selang tersebut dan coba hidupkan motor.
(Magang-Halwa)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait