Demi Iduladha Bebas Bahaya Listrik, PLN Gelar Sosialisasi

Demi perayaan Idul Adha yang aman dan selamat, bebas dari potensi bahaya listrik, PLN Unit Pelaksana Pelayan Pelanggan (UP3) Payakumbuh gelar sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) kepada masyarakat dan perangkat daerah Kecamatan Payakumbuh Selatan. (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PAYAKUMBUH (SumbarFokus)

Demi perayaan Iduladha yang aman dan selamat, bebas dari potensi bahaya listrik, PLN Unit Pelaksana Pelayan Pelanggan (UP3) Payakumbuh gelar sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) kepada masyarakat dan perangkat daerah Kecamatan Payakumbuh Selatan, Rabu (5/6/2024), bertempat di Aula Kantor Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Bacaan Lainnya

Sekitar 60 orang masyarakat dan perangkat daerah hadir sebagai peserta sosialisasi. Teguh Budi Octavianto, Manager PLN UP3 Payakumbuh mengatakan, memastikan keamanan pelanggan jelang Idul Adha adalah komitmen PLN. Berbagai upaya preventif dilakukan, salah satunya dengan mengedukasi masyarakat melalui sosialasi K2.

Kepada peserta sosialisasi, PLN diantaranya sampaikan mengenai potensi bahaya listrik yang dapat ditimbulkan jika berkegiatan terlalu dekat dengan jaringan listrik. Juga bahaya yang dapat terjadi jika instalasi listrik tidak dikelola dengan baik.

Jarak aman berkegiatan dari jaringan PLN adalah 3 meter, hal ini untuk menghindari bahaya arus pendek hingga kebakaran bahkan kecelakaan yang dapat memakan korban jiwa. Sementara instalasi pada bangunan seharusnya diperbaharui setiap 5 hingga 10 tahun sekali untuk menghindari kebocoran arus listrik, terjadinya arus pendek hingga kebakaran pada bangunan.

Pada kegiatan sehari-hari pun pada kegiatan kurban nantinya, masyarakat juga diimbau untuk menghindari penggunaan stop kontak yang menumpuk, menghindari pemakaian kabel yang telah terkelupas, dan menghindari menyentuh perlengkapan listrik saat tangan atau tubuh dalam keadaan basah.

Untuk potensi bahaya listrik yang harus ditindak oleh petugas PLN, PLN mengimbau peserta sosialisasi untuk melaporkan melalui PLN Mobile, yaitu pada Fitur “Pengaduan”. Laporan melalui PLN Mobile telah terkoneksi real time dengan sistem PLN maka dipastikan akan direspon cepat oleh petugas.

‘’Melalui PLN Mobile, Bapak Ibu dapat bekerja sama dengan PLN untuk mencegah potensi bahaya listrik. Penanganan akan cepat dan efisien karena petugas dipastikan segera bergerak untuk pencegahan seusai menerima laporan. Mari manfaatkan layanan aplikasi ini. Segera install bagi yang belum menggunakannya,’’ sampai Teguh kemudian.

Teguh berharap, kelistrikan di Payakumbuh dan sekitarnya dapat aman dan prima jelang perayaan Idul Adha dan hingga perayaan Iduladha berlangsung. PLN siap kawal perayaan kurban yang bebas dari kecelakaan dan bahaya listrik.

Selain itu, pasokan kelistrikan di Payakumbuh juga dalam keadaan surplus dan andal, PLN UP3 Payakumbuh siap penuhi permintaan penambahan kebutuhan daya listrik untuk masjid dan gedung-gedung yang nantinya akan melakukan perayaan kurban. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait