Di Hari yang Sama, Dua Pengedar Sabu Ditangkap di Pasbar

Tim opsnal unit Reskrim Polsek Sungai Beremas, saat meringkus pelaku peredaran gelap narkotika jenis sabu-sabu di Jorong Kampung Padang Utara Nagari Air Bangis, Sabtu (17/6/2023). (Foto: Polsek Sungai Beremas/sumbarfokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Sungai Beremas Polres Pasaman Barat berhasil meringkus dua orang lelaki berinisial UU (23) dan FD (43), yang diduga melakukan tindak pidana peredaran gelap narkotika jenis sabu-sabu.

Bacaan Lainnya

Penangkapan tersebut, dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Sungai Beremas Ipda Nazri Zulkifli, yang berhasil meringkus kedua pelaku dalam hari yang sama di dua tempat yang berbeda, Sabtu (17/6/2023).

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, melalui Kapolsek Sungai Beremas AKP Efriadi mengatakan, kedua pelaku diringkus berdasarkan laporan masyarakat saat kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan oleh Polsek Sungai Beremas. Masyarakat menyatakan sudah resah terkait adanya peredaran gelap narkotika jenis sabu-sabu di Jorong Kampung Padang Utara dan Jorong Pasar Pokan Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas.

“Mendapatkan laporan tersebut, petugas berangkat menuju lokasi untuk melakukan penyelidikan pada Sabtu (17/6/2023) sekitar pukul 15.30 WIB, dan didapat informasi bahwa pelaku sedang duduk di belakang rumah warga, tepatnya di perkebunan kelapa sawit di Sudut 90 Jorong Kampung Padang Utara Nagari Air Bangis,” terangnya, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (18/6/2023).

Dujelaskan, setelah melakukan penyelidikan dan pengintaian di kebun kelapa sawit milik warga di Jorong Kampung Padang Utara, petugas melihat tiga orang yang sedang duduk-duduk di dalam kebun sawit tersebut, selanjutnya petugas bergerak cepat mendekatinya. Melihat kedatangan petugas tiga orang tersebut langsung melarikan diri dan berhasil mengamankan satu orang pelaku yang diketahui berinisial UU.

“Petugas langsung melakukan penggeledahan terhadap pelaku UU yang disaksikan oleh perangkat setempat serta menyita barang bukti berupa, satu paket kecil diduga berisi narkotika jenis sabu-sabu yang dibungkus dengan plastik klip warna bening, empat buah plastik kecil warna bening dan satu buah kaca pirex,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, petugas kembali mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada transaksi narkotika jenis sabu-sabu didekat SMA Air Bangis Jorong Pasar Pokan, Nagari Air Bangis. Petugas kembali langsung bergerak cepat untuk melakukan penyelidikan dan pengintaian di lokasi tersebut. Sesampai di lokasi, petugas melihat adanya seorang lelaki yang saat itu sedang mutar-mutar di palang simpang SMA Air Bangis Jorong Pasar Pokan.

“Sekitar pukul 21.30 WIB petugas menemukan seorang lelaki yang sedang memantau di simpang plang SMA Air dan mencari sesuatu barang di batu dekat palang tulisan SMA Air Bangis,” tuturnya.

Ia menjelaskan, melihat adanya pergerakan yang mencurigakan dari lelaki tersebut, petugas langsung mendekatinya dan melihat kedatangan petugas lelaki tersebut sempat berusaha untuk melarikan diri namun dengan sigap petugas berhasil meringkusnya. Diketahui lelaki tersebut berinisial FD (43) yang berprofesi sehari-hari sebagai nelayan.

“Dari hasil penggeledahan terhadap tersangka yang disaksikan oleh perangkat setempat petugas menemukan dan menyita barang bukti berupa, tujuh paket kecil diduga berisi narkotika jenis sabu-sabu yang dibungkus dengan plastik klip warna bening disimpan dalam botol permen HappyDent white, satu lembar kertas tisu warna putih, satu buah kotak merk Happydent warna biru kombinasi putih, satu unit handphone merek Samsung galaxy warna abu-abu. Tersangka juga mengakui bahwa narkotika jenis sabu-sabu tersebut adalah pesanannya,” terangnya.

Saat ini kedua tersangka sudah dibawa ke Mapolsek Sungai Beremas, dan untuk proses penyidikan lebih lanjut akan diserahkan kepada Satuan Reserse Narkoba Polres Pasaman Barat.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat Pasal 114 ayat (1) Jo pasal 112 ayat (1) Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait