DPRD Padang Gelar Rapat Paripurna HUT ke-354 Kota Padang

DPRD Kota Padang menggelar Rapat paripurna Hari Jadi (HUT) Kota Padang ke-354 tahun 2023, bertempat di gedung baru DPRD Kota Padang Pusat Pemerintahan Aia Pacah. (Foto: ARMAN SULEMAN/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

DPRD Kota Padang menggelar Rapat paripurna Hari Jadi (HUT) Kota Padang ke-354 tahun 2023, bertempat di gedung baru DPRD Kota Padang Pusat Pemerintahan Aia Pacah, Senin (7/8/ 2023).

Bacaan Lainnya

Rapat paripurna itu dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi, didampingi Wakil Ketua Arnedi Yarmen, Amril Amin, Ilham Maulana dan Sekwan Hendrizal Azhar serta dihadiri segenap anggota DPRD Kota Padang.

Rapat paripurna itu dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Walikota Padang Hendri Septa, Wawako Elkos Albar, unsur Forkopimda, sejumlah mantan wali kota/wakil wali kota Padang dan wali kota/bupati se-Sumatera Barat.

Juga terlihat Sekda Kota Padang Andree Algamar, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, Ketua GOW Ny. Arie Ekos Albar, Ketua DWP Kota Padang Ny. Vanny Andree Algamar, kepala OPD, camat, lurah, beserta tamu lainnya.

Memulai rapat paripurna, Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi menyampaikan selamat kepada warga kota atas peringatan hari jadi Kota Padang ke-354 tahun 2023.

Mengangkat tema “Kolaborasi Dalam Membangun, Harmoni Dalam Keberagaman”, Wali Kota Padang, Hendri Septa menyebut Kota Padang menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, industri dan pendidikan dan menjadi gerbang Sumatra Barat dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai.

“Di usia yang ke 354 ini kita memberikan sebuah hadiah berupa ‘Galanggang’ untuk masyarakat Kota Padang, sekaligus rangkaian HUT Kota Padang sebagai upaya pemerintah untuk memberikan sejarah kepada warga Padang terutama generasi muda,” ucap Hendri Septa.

Wali Kota berharap, bertambahnya usia Kota Padang, semua pihak mempunyai pola pikir, semangat dan bersinergi dengan pembangunan kota yang harmonis dalam keberagaman di tengah masyarakat sehingga kesejahteraan dapat ditingkatkan.

“Meskipun banyak terjadi tantangan namun Pemko Padang terus berupaya mewujudkan visi kota padang yaitu mewujudkan masyarakat kota padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan, pariwisata unggul dan berdaya saing,” lanjutnya.

Dikatakannya untuk melaksanakan tujuh misi dan sebelas program unggulan, Pemko Padang akan bertekad untuk membangun Kota Padang sesuai visi misi hingga akhir 2023.

“Masih banyak hal yang harus dilakukan Pemko Padang untuk menyikapi tuntutan perkembangan Kota Padang yang semakin dinamis dengan jumlah penduduk mencapai 1 juta,” katanya.

Tak hanya itu, Hendri Septa mengimbau kepada masyarakat Kota Padang agar selalu meningkatkan kepedulian dan rasa memiliki Kota Padang, dengan harapan setiap fasilitas yang dibangun dijaga dengan baik.

Sementara itu, Sekda Andree Algamar mengatakan peringatan HUT Kota Padang merupakan refleksi perjuangan rakyat Sumatra Barat terutama Kota Padang dalam mengusir penjajahan Belanda.

“Dalam rangka HUT Kota Padang, Pemko Padang telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Padang,” terangnya.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Padang di bawah kepemimpinan Hendri Septa dan Ekos Albar. Hal tersebut dikatakannya saat rapat paripurna HUT Kota Padang ke-354.

Mahyeldi mengatakan, 354 tahun berlalu sudah banyak terjadi perubahan dan penghargaan yang diraih Pemko Padang, semua itu tidak terlepas dari dukungan masyarakat Kota Padang dan proses penyelenggaraan pemerintah yang harmonis dan koordinatif antara pemerintah dan DPRD.

“Semoga Padang kian sejahtera, bertambahnya usia Kota Padang dapat mewujudkan visi, yaitu mewujudkan masyarakat madani berbasis pendidikan, perdagangan, pariwisata unggul serta berdaya saing,” kata Mahyeldi.

Dijelaskannya, peringatan HUT merupakan napak tilas untuk melihat dan mengingat kembali tujuan dibentuknya kota sekaligus mengevaluasi sebuah keberhasilan dan kegagalan.

“Padang merupakan kota terbesar dan sekaligus ibukota provinsi, Kota Padang memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatra Barat sangat mengapresiasi keberhasilan yang telah dicapai,” lanjutnya.

Dikatakan mantan Wali Kota Padang itu, keberhasilan yang telah dicapai dapat memotivasi untuk terus melakukan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya mencapai target yang belum tercapai.

“Semoga prestasi ini diikuti juga oleh kepala daerah lainnya di Sumbar. Mari bersinergi bersama untuk mengoptimalkan potensi,” tutupnya.

Adapun sebelas tokoh masyarakat penerima penghargaan pin emas itu yakni B. Andoeska bidang seni, budaya dan adat istiadat, H. Ristawardi Dt. Marajo bidang keagamaan.

Kemudian Ir. Ramadhaniati bidang pemberdayaan wanita, Budi Rudianto, MSi bidang sosial, Suri Hamdasir bidang kemanusiaan.

Selanjutnya Syafril Basyir, SH bidang kepemudaan dan olahraga, Virtuous Setyaka, SIP, M.Si bidang penggerak koperasi dan UMKM, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS bidang pendidikan, dr. Asrawati, M.Biomed, SpA (K) bidang kesehatan.

Kemudian Ir. Djoni bidang kemasyarakatan dan Wiztian Yoetri, SH bidang komunikasi dan teknologi informasi.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan penghargaan ini sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih Pemko Padang atas dharma bakti dan kepeduliannya dalam pembangunan Kota Padang.

“Semoga penghargaan ini dapat memotivasi masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan penyelenggara pemerintahan untuk turut serta dalam pembangunan daerah ke depannya,” harap Wako Hendri Septa. (000/PAR)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait