Dukung UMKM Semakin Maju, PLN Gelar Pelatihan Rumah BUMN Dharmasraya dan Pasaman

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat konsisten mendukung pelaku usaha dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) semakin maju serta mendukung pemberdayaan ekonomi kerakyatan. (Foto: PLN Sumbar/sumbarfokus.com)

DHARMASRAYA (SumbarFokus)

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat konsisten mendukung pelaku usaha dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) semakin maju serta mendukung pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Sebagai salah satu upaya mendukung UMKM, Rumah BUMN Dharmasraya dan Rumah BUMN Pasaman rutin adakan pelatihan bagi anggotanya.

Bacaan Lainnya

Terbaru, kedua Rumah BUMN tersebut adakan pelatiha strategi penjualan online bertajuk; “Strategi Penjualan Online dan Target Manajemen Pemasaran Produk UMKM” dan “Pelatihan Online, Manfaat UMKM Beoperasi”. Kegiatan ini diikuti oleh total 170 pelaku UMKM Binaan PLN di Sumtera Barat yang terdiri berbagai bidang usaha, baik bisnis makanan dan minuman, kerajinan, kecantikan, jasa, dan beberapa lainnya, baru-baru ini.

Manager Komunikasi dan Tangung Jawab Sosial PLN UID Sumbar Yenti Elfina menyampaikan, PLN bersama Rumah BUMN Dharmasraya dan Rumah BUMN Pasaman terus berkolaborasi mendukung pelaku usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya menjadi UMKM naik kelas yang lebih maju, modern, dan sejalan dengan kemajuan teknologi.

“Rumah BUMN ini merupakan binaan PLN Sumbar yang terus berkembang dan berkolaborasi bersama para pelaku UMKM. Kami ingin anggota Rumah BUMN bisa tumbuh bersama menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas,” ungkapnya.

Menurut Yenti, PLN sebagai BUMN memiliki tanggung jawab dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat sekitar secara berkesinambungan. Kegiatan pendampingan Rumah BUMN juga sejalan dengan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan khususnya pilar ke-8, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“PLN secara konsisten mendukung peningkatan ekonomi di tengah masyarakat. Kita punya kekuatan identitas lokal yang khas. Tugas kita adalah meningkatkan tampilan packaging, promosi, sekaligus strategi penjualan yang luas,” ujar Yenti.

Salah satu peserta yang hadir, Silvia Arita pemilik UMKM Kuliner Stik Ubi mengatakan, dirinya menyambut antusias kegiatan pelatihan yang digelar oleh PLN melalui Rumah BUMN Dharmasraya dan Pasaman. Menurutnya, pelatihan tersebut akan bermanfaat meningkatkan pengetahuan dan memajukan usaha UMKM masyarakat sekitar.

“Pengetahuan saya jujur bertambah setelah pelatihan, khususnya mengenai cara memasarkan produk secara online untuk pengembangan usaha saya. Semoga ke depannya bisa lebih sering lagi diadakan pelatihan seperti ini, agar kami semakin bersemangat lagi untuk memajukan produk kami,” sampai Silvia.

Di tempat terpisah, General Manager PLN UID Sumbar menyampaikan, memajukan UMKM melalui Rumah BUMN adala komitmen PLN untuk bersumbangsih memajukan ekonomi masyarakat. ‘’Mayoritas bisnis penggerak Indonesia adalah UMKM, maka UMKM perlu mendapat perhatian ekstra. PLN UID Sumbar hadir untuk UMKM Sumatera Barat,’’ tutupnya. (000/UID Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait