DWP Kabupaten Solok Peringati Hari Kartini 2024 Sekaligus Halalbihalal

DWP Kabupaten Solok Peringati Hari Kartini 2024 Sekaligus Halalbihalal. (Foto: Kabupaten Solok/SumbarFokus.com)

SOLOK (SumbarFokus)

Dharmawanita Persatuan (DWP) Kabupaten Solok laksanakan Peringatan Hari Kartini 2024 sekaligus halalbihalal, Kamis (2/5/2024) di Gedung Pertemuan Solok Nan Indah, Arosuka, Kabupaten Solok.

Bacaan Lainnya

Acara ini turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) selaku Pembina DWP Kabupaten Solok Medison, Penasihat DWP Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Safrudin, Ketua DWP Kabupaten Solok Tezzi Medison, Kepala OPD, Ketua Unit DWP se-Kabupaten Solok, dan Anggota DWP se-Kabupaten Solok.

Ketua Pelaksana Yosi Zaitul Ikhlas dalam laporannya menyampaikan, kegiatan hari ini kita mengambil tema “Dengan Semangat Hari Kartini Kita Tumbuhkan Emansipasi dan Kita Tingkatkan Peran Perempuan Bagi Keluarga”.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ialah dalam rangka memperingati dan menghormati perjuangan R.A Kartini dalam mewujudkan kesetaraan peran Laki-laki dan Perempuan di era modern khususnya di bidang pendidikan dan pada umumnya di bidang-bidang lainnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangkitkan semangat dan percaya diri bagi wanita khususnya Dharmawanita Persatuan dalam membentuk manusia yang sejahtera dan berkualitas, serta menjalin silaturahmi antara seluruh Ibu-ibu Dharmawanita Persatuan se-Kabupaten Solok,” ujarnya.

Selanutnya, Pembina DWP Kabupaten Solok Medison menyampaikan, pada hari ini mari bersama-sama kita mendoakan para pahlawan perempuan yang telah mendedikasikan hidupnya, bagaimana kaum perempuan pada hari ini memiliki peran yang sama dengan kaum laki-laki termasuk kita di Kabupaten Solok.

“Saat ini dalam mewujudkan peran Pemerintah Kabupaten Solok sesuai dengan visi Mambangkik Batang Tarandam Menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat, kita telah mendapatkan banyak prestasi dan penghargaan. Dalam mewujudkan hal ini, tentu tidak terlepas dari peran Perempuan dan Ibu-ibu Dharmawanita Persatuan. Dalam mewujudkan emansipasi wanita, Ternyata tahun ini Kabupaten Solok mencetak rekor sejarah karena pada periode Bupati Epyardi Asda saat ini perempuan memiliki peran dan jabatan yang cukup penting dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Solok,” katanya.

Sementara itu, Penasihat DWP Kabupaten Solok menyampaikan, emansipasi wanita merupakan upaya untuk mencapai kesetaraan gender dan pembebasan dari segala bentuk diskriminasi dan penindasan yang didasarkan pada jenis kelamin. Pendekatan ini berusaha untuk memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki dalam hal pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan sosial.

“Melalui teknologi dan perubahan budaya, kita memiliki kesempatan untuk membentuk masa depan yang lebih inklusif. Diperlukan komitmen dan tindakan dari semua pihak untuk mendukung peran wanita di masyarakat,” tutupnya. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait