Gebyar Koto Baru III di Kabupaten Solok Angkat Semarak Alek Barayo Basamo

Gebyar Koto Baru yang ke-III kembali dilaksanakan di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok. Tema kegiatan tersebut pada tahun ini mengusung tema Alek Barayo Basamo. (Foto: Pemkab Solok/SumbarFokus.com)

SOLOK (SumbarFokus)

Gebyar Koto Baru yang ke-III kembali dilaksanakan di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok. Tema kegiatan tersebut pada tahun ini mengusung tema Alek Barayo Basamo.

Bacaan Lainnya

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Bupati Solok Epyardi Asda didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda dan rombongan, Sabtu (13/4/2024).

Rombongan disambut oleh Camat Kubung Acil Fasra, Forkompimcam, Wali Nagari Koto Baru Irman, Ketua KAN dan BPN Koto Baru, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan Tokoh-tokoh Masyarakat Nagari Koto Baru.

Pada laporannya, Ketua Pelaksana Bobby Agustrio menyampaikan, kegiatan Gebyar Koto Baru III ini dilaksanakan selama dua hari dan diawali dengan pembukaan oleh Bupati Solok serta Bararak Saribu Tuduang Sulaman Ameh oleh para Bundo Kanduang Nagari Koto Baru.

“Gebyar Koto Baru III ini dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari raya Idulfitri sekaligus mem-branding dan mengekspos kebudayaan Koto Baru,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Solok menyampaikan, dirinya berkesempatan hadir pada Gebyar Koto Baru III dan mengharapkan kegiatan tersebut terus dilestarikan sebagai kebudayaan Minangkabau dan tidak hilang ditelan zaman.

“Walaupun dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju namun adat istiadat dan kebudayaan Minangkabau dimana Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah harus terus kita jaga kelestariannya. Kita berharap Kabupaten Solok tidak hanya dikenal sebagai daerah yang memiliki alam yang indah namun juga dengan keragaman budaya dan kuliner yang luar biasa. Melalui wisata nantinya kita berharap dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Solok,” jelasnya.

Usai Sambutannya Bupati Solok membuka secara resmi kegiatan Gebyar Koto Baru III.

Selanjutnya Bupati Solok melepas sekaligus ikut bersama rombongan arak-arakan Saribu Tuduang Sulaman Ameh yang diikuti oleh para Bundo Kanduang Nagari Koto Baru. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait