Idulfitri Ditetapkan Pemerintah Sabtu, Pemko Padang Panjang Gelar Salat Id di Masjid Islamic Center

Informasi penyelenggaraan salat Id di Kota Padang Panjang. (Foto: Ist.)

PADANG PANJANG (SumbarFokus)

 

Bacaan Lainnya

Menyusul ditetapkannya Idulfitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu (22/4/2023) oleh Pemerintah RI, melalui Kementerian Agama (Kemenag) dalam Sidang Isbat, Kamis (20/4/2023), maka pelaksanaan Salat Id di Kota Padang Panjang ditetapkan juga digelar Sabtu, di Islamic Center.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sonny Budaya Putra kepada Kominfo. Dikatakan, seiring dengan penetapan sidang Isbat tersebut. Disebutkan, Pemko sudah memutuskan Salat Id diselenggarakan di Masjid Islamic Center.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi Pemko yang digelar pekan lalu, Kamis (13/4/2023), diambil putusan dua opsi sembari menunggu hasil sidang Isbat. Jika Idulfitri jatuh pada Jumat (21/4/2023), pelaksanaan Salat Id dipusatkan di lapangan Banca Laweh. Namun bila Sabtu, maka dilaksanakan di Islamic Center.

Dua putusan itupun sudah dituangkan dalam Surat Edaran Wali Kota No 08 Tahun 2023 tertanggal 17 April 2023.

Untuk pelaksanaan Salat Id, sebagai imam ditunjuk kepada Ustaz Muhammad Mahfuz Mustia, Lc, Pimpinan Ponpes Thawalib Gunung, Padang Panjang. Sedangkan khatib dipercayakan kepada Ustaz Ade Sehabudin, Ketua Dewan Masjid Indonesia Padang Panjang.

Disebutkan juga, apabila cuaca tidak memungkinkan, selain di Islamic Center, Salat Id juga digelar di Masjid Tauhid Pasar Baru dan Masjid Al Ikhlas Tanah Hitam.

“Kami imbau kepada muslimin dan muslimat untuk beramai-ramai Salat Id di lokasi yang telah ditetapkan,” kata Sonny.

Atas nama Pemerintah Kota, Sonny juga meminta agar masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta memelihara ukhuwah Islamiyah. Semoga ibadah Ramadan yang telah dijalankan selama sebulan penuh diterima Allah. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait