Jaga Tradisi Bekarang, Pj Bupati Apriyadi Nyebur Bareng Warga untuk Tangkap Ikan

Suasana Lubuk Besak Sungai Care Desa Bandar Jaya, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel), mendadak heboh. (Foto: PIJAI/sumbarfokus.com)

SEKAYU (SumbarFokus)

Minggu (3/9/2023) sore, suasana Lubuk Besak Sungai Care Desa Bandar Jaya, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel), mendadak heboh.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Ratusan warga tampak tak sabar ingin mengikuti rangkaian kegiatan Bekarang yang dihadiri langsung Pj Bupati Apriyadi Mahmud beserta istrinya, Asna Aini Apriyadi.

“Bekarang tidak hanya sekedar event atau kegiatan bagi masyarakat Kabupaten Muba, namun merupakan tradisi di masyarakat dalam bersukaria atas keberkahan melimpahnya hasil alam, berupa ikan air tawar dengan berbagai jenis,” ujar Pj Bupati Apriyadi Mahmud.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Muba ini mengingatkan, saat ini sedang maraknya isu menangkap ikan dengan menggunakan racun dan sejenisnya yang masuk ranah ilegal fishing.

“Saya ingatkan dan terus lakukan sosialisasi agar tidak mengunakan cara tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menangkap ikan salah-satunya ialah bekarang. Mari kita budayakan menangkap ikan tanpa meracuni, karena gemar memakan ikan salah satu upaya kita bisa terhindar dari stunting,” kata Apriyadi.

Sebelum turun berjibaku bekarang bersama warga, Apriyadi meluangkan waktu memberikan bantuan bantuan 40 paket sembako kepada warga kurang mampu untuk meringankan beban hidup sehari hari yang sebagian besar adalah nelayan.

Lanjutnya, nantinya dalam penyelenggaraan kegiatan ini, berharap masyarakat Kabupaten Muba dapat menjaga dan merawat serta mempromosikan mengenai event bekarang ini.

“Agar dapat meningkatkan promosi pariwisata dan menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Muba, sehingga nantinya memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi daerah,” tandasnya.

Sementara, Marjoni, selaku pemilik lahan pribadi, menyatakan rasa bahagia dan terima kasihnya atas kedatangan orang nomor satu di bumi serasan sekate ini karena berkenan hadir menyapa bersama warga.

Tampak Pj Bupati dalam suasana riang bekarang bersama warga didampingi oleh Sekretaris DPRD Muba Marko Susanto beberapa Kepala OPD antara lain , Kepala Dinas PUPR Alva Elan, Kadinsos Ardiansyah, Sekretaris Dispopar Fery Irawan, Kabag Umum Seprizal, Kepala Bidang Komunikasi Publik Kominfo Kartiko, dan Kades Bandar Jaya Rosyidin serta jajaran. (014)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait