Jajaki Kemungkinan Kerja Sama, Konjen Jepang Sambangi Pemko Padang

PADANG (SumbarFokus)

Kota Padang menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Pemerintah Jepang di berbagai bidang, terutama pertukaran tenaga kerja dan master plan pengendalian banjir.

Bacaan Lainnya

Hal itu dituturkan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Padang Yosefriawan saat disambangi Konsulat Jenderal Jepang Takonai Susumu dalam kunjungan kerjanya ke Padang, di Rumah Dinas Wali Kota Padang, Selasa, (9/7/2024).

Yosefriawan yang didampingi Kepala Bappeda Kota Padang Yenni Yuliza menuturkan Kota Padang saat ini mempunyai potensi tenaga kerja di bidang kesehatan, namun masih minim untuk penempatan kerja. Ia berharap, dengan hadirnya Takonai Susumu mampu menjalin kerjasama dalam memfasilitasi tenaga kerja.

“Kita ingin meminimalisir pengangguran, banyaknya kesempatan kerja di Jepang akan membantu meningkatkan kesejahteraan warga Padang. Banyak persiapan yang harus kita optimalkan, misalnya pelatihan dan kursus Bahasa Jepang bagi calon tenaga kerja,” ujarnya didampingi Kabag Kerjasama Setdako Kota Padang O.S Damanik.

Beberapa kemungkinan kerjasama juga dibahas dalam pertemuan itu. Salah satunya perencanaan infrastruktur yang matang atau master plan dalam pengendalian banjir. Kemudian, membahas tentang persiapan kebencanaan, perubahan iklim, pengelolaan sampah, dan upaya menekan emisi karbon.

Konsulat Jenderal Jepang Takonai Susumu menyambut baik potensi yang dimiliki Kota Padang. Menurutnya, kemungkinan kerjasama ini bisa dibicarakan lebih lanjut. Selain itu, kunjungan kerja kali ini sebutnya untuk mempererat hubungan bilateral Indonesia-Jepang, khususnya Kota Padang.(000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait