Jelang Idulfitri, PLN Sumbar Pastikan Stok Material Emergency di Unit Tersedia dan Andal

Menyambut momen penting Idulfitri 1445 H, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat siap mengawal pelaksanaan hari kemenangan tersebut di Provinsi Sumatera Barat dengan layanan kelistrikan yang andal dan prima. (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Menyambut momen penting Idulfitri 1445 H, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat siap mengawal pelaksanaan hari kemenangan tersebut di Provinsi Sumatera Barat dengan layanan kelistrikan yang andal dan prima.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho, Selasa (2/4/2024). Eric menyatakan bahwa PLN telah memastikan persiapan dari beberapa bulan terakhir untuk sistem kelistrikan saat Lebaran agar aman dan andal.

“Pasokan daya kelistrikan Sumbar adalah 739,4 MW, dengan beban puncak atau pemakaian maksimal rata-rata tertinggi mencapai 617,2 MW, artinya masih tersedia pasokan daya sebesar 122,2 MW atau 14,3 persen dengan cadangan daya sebesar ini,” ujar Eric.

PLN sangat optimis dapat memberikan listrik berkualitas terbaik kepada 1,6 juta pelanggan PLN di Sumbar. PLN juga siap untuk menangani tambahan pemakaian listrik dalam jumlah besar selama Ramadan hingga Idulfitri nanti.

Sementara itu, Senior Manager Perencanaan PLN UID Sumbar, Faisal Risa, saat melakukan kunjungan kerja Safari Ramadhan bersama Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukittinggi, Rudi Hamiri serta rombongan, menyampaikan bahwa sebanyak 1359 personil PLN yang tersebar di seluruh provinsi Sumatera Barat telah disiagakan selama 24 jam selama masa siaga Idulfitri, yaitu dari tanggal 3 hingga 19 April 2023.

“Personil ini terdiri dari 466 personil PLN dan 893 personil TAD dan mitra kerja, serta 3 tim PDKB, tentunya akan terus kita kawal bersama untuk menjaga keandalan selama masa siaga idulfitri 1445 H” ujarnya.

Tidak hanya itu, PLN UID Sumbar juga menyiagakan peralatan pendukung seperti 2 Unit Cubicle Kabel Bergerak (UCKB), 55 Unit Gardu Bergerak (UGB), 58 genset, serta 306 unit kendaraan pendukung, hingga 5 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)

Faisal menjelaskan bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini bersifat kunjungan dan pemeriksaan langsung untuk mengontrol performa unit-unit PLN dengan tujuan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan yang dapat menyebabkan pemadaman listrik.

“PLN UID Sumbar selalu memastikan stok material emergency di unit tersedia dan andal. PLN juga telah membentuk 176 Posko Siaga Ramadan dan Idulfitri yang tersebar di berbagai titik strategis, serta 5 unit posko mudik pada jalur mudik, yaitu Posko Mudik Sicincin, Posko Mudik Padang Panjang, Posko Mudik Sitiung, Posko Mudik Pangkalan, dan Posko Mudik Balai Selasa,” tutupnya. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait