Job Fair SMKN 2 Sawahlunto Gandeng Dunia Usaha Serap Tenaga Kerja Lulusan SMK

Pj Wako Zefnihan, saat menyambangi salah satu penyalur tenaga Kerja ke Jepang LPK Yaruki di arena Job Fair SMKN 2 Sawahlunto. (Foto: RIKI YUHERMAN/SumbarFokus.com)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Zefnihan menyatakan siap bersinergi dengan SMKN 2 Sawahlunto dalam upaya bersama-sama membangun sumber daya manusia (SDM) siap pakai di dunia industri dan usaha.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkan Zefnihan saat membuka Job Fair SMK Pusat Keunggulan di SMKN 2 Sawahlunto, Selasa (21/11/2023).

Pj Wako menilai, jumlah dunia industri yang terbatas berbanding terbalik dengan jumlah lulusan SMK setiap tahunnya, mesti disiasati dengan meningkatkan kompetensi lulusan SMK.

“Kerjasama dengan menggandeng dunia industri yang telah dilakukan SMKN 2 Sawahlunto ini, salah satu resep dalam menyalurkan lulusan-lulusan SMK siap pakai. Terima kasih kami ucapkan kepada dunia usaha yang telah berkolaborasi dan berkontribusi dalam menyerap tenaga kerja,” ujar Zefnihan.

Zefnihan juga menyebut, upaya mensingkronkan kurikulum dengan selera pasar yang tengah dilakukan saat ini, memastikan bahwa produk SMK memiliki kompetensi, yang ke depan juga harus diupayakan memiliki sertifikasi sehingga lebih mudah diserap dunia usaha.

“Tidak saja memasarkan produk lulusannya saja, namun hasil-hasil karya anak-anak SMK agar bisa didaftarkan ke e-katalog, sehingga dapat menguatkan kewirausahaan anak-anak SMK,” sebut dia.

Kepala SMKN 2 Sawahlunto Nusriwati mengungkap, job fair yang digelar ini merupakan bentuk nyata penyelarasan kurikulum dengan dunia industri. Adapun beberapa dunia usaha yang berpatisipasi pada job fair Selasa-Rabu (21-22/11/2023) yakni
CV BMK, PT Bumi Minang Jaya Payakumbu, UT School Pekanbaru Tahiti Coal, PT. PAMA Persada Nusantara, PT AIC Jaya, Global Kataiyst Jerman ,Putri Surya Pratama Natural dan Atika Tunggal Mandiri.

“Saat ini, sebanyak 140 siswa kita dari kelas 12 ikut seleksi United Tractor (UT) School Pekanbaru. Dan ini tentu membuka peluang bagi lulusan SMKN 2 Sawahlunto berpikrah didunia kerja atau industri,” sebut dia.

Selain itu, ditambahkan, melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 2 Sawahlunto bekerja sama dengan PT Pamapersada Nusantara, juga telah melaksanakan tes rekrutmen calon tenaga kerja oada 16-18 Oktiber 2023 lalu, jumlah peserta yang mendaptar sebanyak 638 orang yang lulus tes Administrasi sebanyak 322 orang.

Bagi yang memenuhi Passing grade akan di rekomendasikan untuk bekerja di PT. Pama Persada Nusantara yang merupakan anak perusahaan milik PT United Tractors Tbk, distributor kendaraan konstruksi berat Komatsu di Indonesia. PT Astra Internasional Tbk, pemilik saham utama PT United Tractors Tbk, merupakan salah satu perusahaan terbesar dan terkemuka di Indonesia.

“Kini PAMA secara aktif mengelola sejumlah besar pertambangan batubara, emas, quarry dan sebagainya, mengerjakan konstruksi bendungan dan pengerjaan jalan serta berbagai proyek penggalian bumi dan transportasi yang beroperasi di seluruh Indonesia. PAMA juga telah memiliki anak perusahaan, dengan nama PT Kalimantan Prima Persada (KPP) dan PT Prima Multi Mineral (PMM),” terang dia. (025)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait