Jurusan di Perguruan Tinggi Perlu Dipilih Sesuai Minat Bakat

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. (Foto: Pemprov Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah berharap agar para pelajar lulusan SMA/SMK sederajat memilih jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan yang dimiliki saat mendaftar ke perguruan tinggi (PT).

Bacaan Lainnya

Menentukan pilihan sedari dini dinilai sangat penting agar lebih siap mengarungi dinamika pendidikan di bangku perkuliahan.

“Jadi, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Jangan hanya ikut-ikutan, karena banyak teman yang memilih jurusan tertentu, lantas kita juga memilih jurusan itu. Pilihan seperti ini tidak baik,” ucap Gubernur, saat menghadiri kegiatan Gajah Mada Education Roadshow (GMERS) XIV di STKIP Convention, Minggu (21/1/2024).

Dalam kegiatan yang mengusung tema “Sejuta Angan Serangkai Cerita, Semarak Rantau Anak Nagari” tersebut, Gubernur Mahyeldi menekankan bahwa generasi muda harus mampu menentukan pilihan, serta harus tegas menentukan minat dan bakat pada bidang-bidang tertentu.

“Perwujudan visi Indonesia Emas 2045 itu ditentukan dari sekarang. Jika anak muda sekarang ini adalah anak muda yang berkualitas, maka Indonesia Emas akan tercapai. Sebab, bangsa ini ke depannya akan dipimpin oleh anak muda saat ini. Mudah-mudahan kegiatan ini merupakan bagian dari usaha kita mempersiapkan pemimpin masa depan,” ujar Gubernur lagi.

Gama Expo yang akrab dengan istilah Bedah Kampus sendiri menghadirkan narasumber inspiratif dari kalangan akademisi dan tokoh masyarakat. Rangkaian Gama Expo juga memfasilitasi para peserta untuk mengunjungi faculty stand yang tersedia. GMERS XIV diikuti berbagai siswa SMA/MA sederajat di 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat. (000/adpsb/bsn)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait