Kadisdikbud Agam Minta Tahfiz Jadi Ekskul di Sekolah

Agam
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam Isra hadiri wisuda tahfiz SMPN 1 IV Koto angkatan II, di sekolah itu, Selasa (14/3/2023). (Foto: Ist.)

AGAM (SumbarFokus)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam, Isra mengaku bangga karena perkembangan Tahfiz Al-Qur’an di SMPN 1 IV Koto.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Tahun ini SMPN 1 IV Koto mewisuda 82 siswa. Jumlah ini meningkat dari angkatan I, yang hanya 24 orang.

“Ini perkembangan sangat luar biasa,” ujarnya saat hadiri wisuda tahfiz SMPN 1 IV Koto angkatan II, di sekolah itu, Selasa (14/3/2023).

Apalagi tahfiz ini salah satu program unggulan Bupati Agam, yang harus dikembangkan di tengah masyarakat termasuk jajaran pendidikan.

“Bahkan pengembangan tahfiz melalui rumah tahfiz ini sudah di-Perda-kan,” sebut Isra.

Dalam Perda no 3 tahun 2021 itu katanya, prioritasnya anak didik tamat SD minimal sudah hafiz 1 juz dan 2 juz untuk tingkatan SMP.

“Ini harus didukung semua pihak, begitu juga sekolah yang ada di Agam. Kita minta ini diprogramkan dalam ekstrakurikuler di setiap sekolah dari seluruh tingkatan,” katanya.

Melalui tahfiz ini katanya, bagaimana bisa melahirkan generasi yang beriman dan bertaqwa, sehingga terhindar dari pengaruh negatif perkembangan teknokogi saat ini.

Tidak hanya itu, generasi juga dituntut untuk mampu menguasai adat budaya, serta bahasa Inggris yang harus didukung secara bersama-sama.

Menurutnya, pengembangan tahfiz, adat budaya dan bahasa Inggris ini upaya Pemkab Agam, dalam melahirkan generasi berkualitas dan berdaya saing.

“Kita berharap program ini betul-betul berkembang di sekolah, sehingga apa yang menjadi harapan bersama dapat terwujud,” harapnya lagi.

(000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait