KI Sumbar dan LLDIKTI X Bakal Perkuat PPID di Perguruan Tinggi

Komisi Informasi Sumatera Barat dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menyatukan komitmen untuk membenahi PPID di perguruan tinggi di Sumatera Barat. (Foto: KI Sumbar/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Komisi Informasi Sumatera Barat dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menyatukan komitmen untuk membenahi PPID di perguruan tinggi di Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Langkah ini dilakukan untuk memastikan kampus di Sumatera Barat pro keterbukaan informasi publik, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pelayanan kampus kepada mahasiswa dan masyarakat.

“Komisi Informasi Sumbar sejak awal mendorong kampus di Sumbar untuk informatif, walaupun banyak tantangan namun dengan menggandeng LLDIKTI kami optimis keinginan tersebut bisa terwujud,” kata Ketua Komisi Informasi Sumbar Nofal Wiska.

Hal tersebut diungkapkan dalam silaturahmi dan audiensi KI Sumbar dengan Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma beserta kepala bidang di lingkungan instansi tersebut, akhir pekan lalu. Dalam kegiatan ini juga hadir Wakil Ketua KI Sumbar Arif Yumardi dan Komisioner Tanti Endang Lestari.

Dalam pertemuan tersebut KI Sumbar berharap LLDIKTI X bisa menularkan keberhasilan membangun dan memberdayakan PPID kepada kampus di Sumatera Barat.

“Salah satu Pekerjaan rumah LLDIKTI X adalah bagaimana menularkan keberhasilannya dalam mengembangkan PPID di kampus. Harus kita akui, belum banyak kampus yang paham tentang arti pentingnya keterbukaan informasi publik,” jelas Tanti Endang Lestari.

Dikatakan, kampus adalah badan publik, KI Sumbar sudah menyelesaikan sengketa informasi dengan termohon adalah perguruan tinggi.

“Karena itu, mau tidak mau, kampus-kampus harus berbenah,” ulas Waka KI Sumbar Arif Yumardi.

Sementara, Kepala LLDIKTI X Afdalisma mengapresiasi KI Sumbar dalam membumikan KIP di Sumatera Barat, termasuk di perguruan tinggi.

“LLDIKTI X sudah merasakan manfaatnya memiliki PPID, ini tidak lepas dari komunikasi dan koordinasi dengan KI Sumbar, dan untuk kampus, kami akan terus mendorong untuk memiliki PPID,” kata Afdalisma.

Pertemuan ini bertujuan untuk koordinasi pelaksanaan monitoring dan evaluasi badan publik 2023. Dalam kegiatan yang akan segera diluncurkan ini, perguruan tinggi menjadi salah satu kategori yang akan di-monev oleh KI Sumbar. (000/ki)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait