KPU Padang Panjang Gelar Bimtek Sidalih dan e-Coklit Pilkada Serentak 2024

KPU Padang Panjang Gelar Bimtek Sidalih dan e-Coklit Pilkada Serentak 2024. (Foto: Pemko Padang Panjang/SumbarFokus.com)

PADANG PANJANG (SumbarFokus)

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Nasional 2024, KPU Padang Panjang gelar bimbingan teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) serta Sistem Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih Berbasis Elektronik (e-Coklit), Jumat (21/6/2024) di Auditorium Mifan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti beberapa instansi terkait, PPK dan PPS se-Kota Padang Panjang dengan menghadirkan beberapa narasumber. Di antaranya Kepala Bidang PIAK-PD Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Windo A Rezo dan Kepala BPPD Kesbangpol I Putu Venda.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Padang Panjang Gunawan yang membuka kegiatan ini menekankan pentingnya pemutakhiran data pemilih yang akurat sebagai fondasi suksesnya Pilkada 2024.

“Dalam pelaksanaan pilkada ini ada tiga pilar penting yaitu penyelenggara, peserta dan pemilih. Data pemilih yang valid sangat penting untuk memastikan tidak ada pemilih yang terlewat atau data ganda,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bimtek ini bertujuan meningkatkan kualitas data pemilih dalam menyukseskan Pilkada 2024.

“Untuk menjadi perhatian kita bersama, agar memahami tanggung jawab terkait data pemilih. Bagaimana pemuktahiran data pemilih ini berkualitas, terukur dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Sementara Venda dalam materinya menyampaikan, perlu upaya masif untuk melakukan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Ada beberapa isu yang sering terjadi dalam Pemilu dan Pilkada diantaranya, Hoaks, ujaran kebencian, politik uang, netralitas ASN, Polri dan TNI serta konflik antar pendukung,” ungkapnya. (000/ril)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait