Laksanakan Program TJSL 2024, Semen Padang Gandeng Sejumlah Pihak

PT Semen Padang melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan sejumlah stakeholders terkait program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Tahun 2024, di Wisma Indarung PT Semen Padang, Kamis (22/2/2024). (Foto: Semen Padang/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

PT Semen Padang melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan sejumlah stakeholders terkait program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Tahun 2024, di Wisma Indarung PT Semen Padang, Kamis (22/2/2024).

Bacaan Lainnya

PKS yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT Semen Padang, Indrieffouny Indra itu meliputi Program Beasiswa Anak Nagari Semen Padang (Bangsa), Program Maggot, Program Songket, Program Ikan Garing, Program Kaliandra Merah dan Program Kopi Padayo.

PKS tersebut, bekerja sama dengan Politeknik Negeri Padang (PNP), Universitas Bung Hatta (UBH), Universitas Andalas (Unand), Hutan Kemasyarakatan (HKm) Sialangan, dan dengan Anita Dona Sari sebagai pemilik Dolas Songket,

Acara penandatanganan PKS itu turut disaksikan oleh Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri, Wakil Rektor IV Unand Hen Maidi, Wakil Rektor I UBH Hendra Suherman, dan Direktur PNP Surfa Yondri.

Juga hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Fadelan Fitra Masta, Kepala Koperindag Kota Sawahlunto, Tatang Sumarna, Ketua LPPM Unand Marzuki, Ketua Pusat Studi Alam Sumatera Jabang Nurdin, dan Kepala Pusat Kajian dan Pengembangan Kopi dan Kakao (Pusbangkoka) Unand, Reflinaldon.

Direktur Utama PT Semen Padang, Indrieffouny Indra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa penandatangan PKS ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-1/MBU/03/2023 tentang Penugasan Khusus dan Program TJSL BUMN.

Untuk pelaksanaannya, berorientasi pada pencapaian 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dengan berpedoman kepada tujuh Subjek Inti ISO 26000 sebagai Standar Global dalam pelaksanaan CSR.

“Untuk pelaksanaan program TJSL ini, tentunya kami tidak mungkin bekerja sendiri, sehingga perlu adanya kolaborasi semua pihak,” katanya.

Dia berharap, komitmen pemerintah, akademisi dan praktisi, serta penerima manfaat untuk dapat membantu program-program TJSL Tahun 2024 ini dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Dan, untuk itulah, pelaksanaan PKS tersebut.

“Kami menyadari bahwa dukungan semua pihak sangat dibutuhkan oleh PT Semen Padang untuk dapat terus tumbuh dan berkembang. Oleh sebab itu, setiap tahun kami menyusun program CSR di segala bidang dengan harapan tercipta hubungan yang saling menguntungkan,” ujarnya.

Ke depan, kata Indrieffouny, pihaknya berharap agar kerja sama ini dapat terus ditingkatkan, terutama pada program-program pemberdayaan masyarakat sekitar, program sosial kemasyarakatan dan keagamaan, serta program pendidikan dan lain-lain.

Direktur PNP Surfa Yondri mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada PT Semen Padang yang telah mempercayakan PNP untuk melaksanakan Program Bangsa berupa Beasiswa Anak Nagari, di mana pada tahun ini PNP bekerja sama dengan PT Semen Padang membuka kelas kerja sama.

“Pada kelas kerja sama ini, penerima beasiswa gratis kuliah di PNP dan mendapatkan uang saku dari Semen Padang. Tentunya, ini sesuatu yang sangat luar biasa dan patut diapresiasi. Mudah-mudahan, ini menjadi model dan prototipe untuk pengembangan sumber daya manusia ke depan. Kami selalu mendoakan Semen Padang selalu berjaya, selalu bermanfaat dan berkah terhadap apa yang dilakukan,” katanya.

Wakil Rektor IV Unand Henmaidi juga mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah melibatkan Unand dalam PKS terkait Program Magot.

“Terima kasih kepada Semen Padang dan seluruh pihak. Mudah-mudahan langkah yang kita tandatangani pada hari ini tidak berhenti pada selembar kertas yang kita tandatangani ini,” kata dia.

Dosen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unand, Resti Rahayu, yang turut hadir pada penandatangan PKS itu menambahkan bahwa Unand melalui Pusat Studi Alam Sumatera, tentunya berterima kasih kepada PT Semen Padang, karena dilibatkan untuk mendampingi Program Maggot.

“Penandatanganan PKS hari ini merupakan hal yang luar biasa , dan ini menandakan bahwa Semen Padang bersungguh-sungguh dalam mengembangkan Maggot untuk pemberdayaan masyarakat lingkungan Semen Padang. Dan, kami siap untuk mendukung Program Maggot ini,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan pemilik usaha Songket Dolas Silungkang, Anita Dona Sari.

“Kami juga berterima kasih dengan Semen Padang, karena telah memberikan kepercayaan kepada kami. Dan, kami siap melakukan pembinaan tentang songket untuk pemberdayaan masyarakat di Lunto Timur, Kota Sawahlunto. Kami berharap melalui PKS ini, Songket Silungkang lebih dikenal lagi di Indonesia atau mendunia,” ujarnya. (000)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait