Lindungi Laut dari Sampah, Pj Wako Andree Algamar Apresiasi Gernas BCL di Kota Padang

Lindungi Laut dari Sampah, Pj Wako Andree Algamar Apresiasi Gernas BCL di Kota Padang. (Foto: Pemko Padang/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar menyampaikan terima kasih dan apresiasi seiring kembali digelarnya aksi Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (Gernas BCL) pada tahun ini di Kota Padang.

Bacaan Lainnya

Menurut Pj Wako, program tahunan yang menjadi agenda prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan ini sangat bernilai penting untuk mengajak nelayan selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup di laut, dan menjaga laut dari sampah plastik.

“Terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan yang kembali memilih Kota Padang untuk kali ketiga sejak tahun 2022 sebagai daerah pelaksana Gernas BCL. Hal ini sejalan dengan salah satu misi Pemko Padang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Padang yang inklusif, serta arah kebijakan pembangunan perikanan pada perikanan tangkap,” ungkap Pj Wako pada sambutannya di Penutupan Gernas BCL Tahun 2024 di kawasan wisata Pantai Air Manis, Kamis (11/7/2024) pagi.

Pj Wako menambahkan, Gernas BCL adalah momen yang sangat penting bagi Kota Padang yang dikenal dengan kekayaan lautnya.

“Melalui gerakan ini kita harapkan para nelayan di Kota Padang selalu menjaga laut dari sampah plastik. Serta mampu mengelola sampah plastik menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Semoga aksi ini terus berlanjut, menjadi budaya dan komitmen kita bersama,” tukas Andree Algamar didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Alfiadi.

Mewakili Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Sekdaprov Hansastri berharap Gernas BCL menjadi pemicu tumbuhnya kesadaran masyarakat khususnya nelayan dalam menjaga kesehatan laut dan keberlanjutan sumber daya di dalamnya.

Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (P4K) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Muhammad Yusuf menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sumbar, Pemko Padang dan seluruh unsur yang mendukung penuh pelaksanaan Gernas BCL 2024 di Kota Padang.

“Kota Padang adalah 1 dari 22 kabupaten/kota di Indonesia yang ditunjuk sebagai daerah pelaksana Gernas BCL 2024 yang berlangsung dari 2 Mei hingga 10 Juli 2024. Selama pelaksanaan Gernas BCL, nelayan yang biasa beraktifitas menangkap ikan, kita ajak mengumpulkan sampah di pesisir pantai dan laut,” sebutnya.

Terkait pelaksanaan Gernas BCL di Kota Padang, selain terdiri dari aksi bersih-bersih di pesisir pantai dan laut, juga diselingi pemberian bimbingan teknis dan sosialisasi bagi para nelayan terkait cara mengelola sampah menjadi bernilai ekonomis.

“Alhamdulillah, pada pelaksanaan Gernas BCL di Kota Padang di 2023 lalu mampu mengumpulkan sampah sebanyak 26,48 ton. Capaian ini menuai apresiasi bagi Kota Padang selaku lokasi teraktif kedua pelaksanaan Gernas BCL di tingkat nasional. Semoga di 2024 ini capaiannya semakin meningkat, apalagi jumlah nelayan di KUB yang berparitisipasi juga bertambah,” pungkasnya didampingi Kepala UPT Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSDPL) Padang Fajar Kurniawan.

Dalam kesempatan ini juga dilangsungkan penandatanganan komitmen bersama kolaborasi pengurangan sampah di pesisir dan laut oleh Sekdaprov Sumbar Hansastri bersama Direktur P4K Kementerian Kelautan dan Perikanan Muhammad Yusuf dan Pj Wali Kota Padang Andree Algamar serta unsur terkait lainnya. Juga dilakukan pemberian apresiasi nelayan teraktif dan mitra Gernas BCL 2024 di Kota Padang. (000/ril)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait