Lomba Pacuan Kuda Memperebutkan Piala Gubernur Sumbar akan Digelar Oktober 

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi akan mengadakan Lomba Pacuan Kuda memperebutkan piala Gubernur pada Oktober mendatang. (Foto: Pemprov Sumbar/sumbarfokus.com)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi akan mengadakan Lomba Pacuan Kuda memperebutkan piala Gubernur pada Oktober mendatang.

Bacaan Lainnya

Disebutkan, itu adalah bentuk dukungannya terhadap olahraga pacuan kuda di Sumbar.

“Jika hari ini diselenggarakan Kejurnas Pacuan Kuda memperebutkan Piala Presiden. Insyaallah pada bulan Oktober nanti, kita juga akan adakan pacuan kuda memperebutkan Piala Gubernur di Sumbar,” ungkap Gubernur.

Itu disampaikan Gubernur saat membuka secara resmi Kejurnas Pacuan Kuda seri 1 dan seri 2 Piala Presiden ke-57 tahun 2023 di Arena Pacuan Kuda Kandih Sawahlunto, Minggu (30/7/2023).

Gubernur mengatakan, olahraga pacuan kuda sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Sumbar, bahkan itu telah berlangsung sejak zaman penjajahan Belanda.

Atas dasar itu dia memandang, memang sudah sepantasnya Kejurnas Pacuan Kuda diselenggarakan di Sumbar. Menurutnya, Pemerintah Daerah dan Pordasi Sumbar akan siap bahu-membahu jika ajang Kejurnas ini dapat diselenggarakan di Sumbar setiap tahunnya.

Gubernur menjelaskan, penyelenggaraan Kejurnas ini tidak hanya bagus untuk pelaku olahraga berkuda di Sumbar tapi juga dapat mendukung misi pemerintah daerah untuk meningkatkan angka kunjungan wisata melalui tagline “Visit Beautiful West Sumatera 2023”.

“Kejurnas Pacuan Kuda ini sangat positif untuk mensukseskan upaya Pemprov Sumbar dalam meningkatkan angka kunjungan wisata. Terima kasih Ibu Ketum PP PORDASI, kami berharap ini bisa setiap tahun,” harap Mahyeldi.

Sementara, Walikota Sawahlunto Deri Asta, selaku Ketua PORDASI Sumbar, melaporkan Kejurnas Pacuan Kuda Piala Presiden ke-57 ini diikuti oleh utusan dari Sembilan Provinsi yaitu Provinsi Aceh, Sumbar, Kepri, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara.

“Jumlah kuda yang berpacu pada babak final sebanyak 99 ekor kuda, dengan total hadiah sebesar Rp500 juta,” jelas Deri Asta.

Ia menambahkan, pada Kejurnas Pacuan Kuda Piala Presiden Seri ke-2 nanti, Insyaallah akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo.

“Kami berharap, seluruh peserta Kejurnas ini dapat mengedepankan nilai-nilai kejujuran dan sportifitas. Baik antara para atlet, pelatih, official, dan terutama kepada seluruh perangkat pertandingan,” harap Ketua Pordasi Sumbar.

Hadir juga dalam acara tersebut, Ketua Umum PP PORDASI Triwatty Marciano, Kadispora Sumbar Meifrizon, Kepala BAPPEDA Sumbar Medi Iswandi, Kepala Biro Adpim Sumbar Mursalim serta Ketua dan jajaran pengurus PORDASI Sumbar. (000/adpsb)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait