Menggugah Selera! 5 Kue Tradisional Khas Minangkabau Ini Wajib Anda Coba

Menggugah Selera! 5 Kue Tradisional Khas Minangkabau Ini Wajib Anda Coba. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Minangkabau, dengan kekayaan budaya dan tradisinya, memiliki beragam kue tradisional yang unik dan menggugah selera.

Bacaan Lainnya

Berikut lima kue tradisional khas Minangkabau yang wajib Anda coba.

  1. Kue Lapek Bugih

Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa parut. Biasanya dibentuk bulat dan kemudian digoreng hingga kecokelatan. Rasanya manis dengan aroma kelapa yang khas.

  1. Kue Apam

Kue ini mirip dengan panekuk, terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula. Biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa atau gula merah.

  1. Kue Talam

Kue talam terbuat dari campuran tepung beras, gula, santan, dan daun pandan untuk aroma. Kue ini memiliki tekstur lembut dan manis, seringkali berwarna dua lapis dengan lapisan bawah putih dan lapisan atas hijau dari daun pandan.

  1. Kue Bingka

Kue bingka terbuat dari campuran tepung beras, telur, santan, dan gula. Adonan kemudian dipanggang hingga matang dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

  1. Kue Koci

Kue koci adalah kue berbentuk bulat kecil yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula merah, dan sedikit garam. Kue ini biasanya dimasak dengan cara dikukus dan kemudian digulung dalam parutan kelapa.

Itulah lima kue tradisional khas Minangkabau yang lezat dan penuh dengan cita rasa khas daerah tersebut. Setiap kue memiliki cerita dan keunikan tersendiri dalam warisan budaya Minangkabau. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait