Nevi Zuairina Sosialisasi di Dapil Bersama Pertamina Hulu Energi

Nevi Zuairina, pada sambutan sosialisasi BUMN bertajuk "Peran Pertamina Hulu Energi (PHE) untuk Menjaga Ketahanan Energi Nasional" menyampaikan adanya banyak masyarakat yang belum mengenal peran dan fungsi PHE. (Foto: Ist.)

AGAM (SumbarFokus)

Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Hj. Nevi Zuairina, pada sambutan sosialisasi BUMN bertajuk “Peran Pertamina Hulu Energi (PHE) untuk Menjaga Ketahanan Energi Nasional” menyampaikan adanya banyak masyarakat yang belum mengenal peran dan fungsi PHE. Padahal menurutnya, Pertamina Hulu Energi (PHE) memiliki kontribusi besar terhadap produksi Migas Nasional. Hal ini terlihat dari pengelolaan puluhan wilayah kerja (blok) yang terletak di Indonesia maupun di luar negeri.

Bacaan Lainnya

“Bisa dibayangkan, jika tidak ada Pertamina Hulu Energi, maka ketersediaan migas akan sangat tergantung pada perusahaan eksplorasi lain. Jika sudah mengalami ketergantungan, maka akan sangat mudah dipermainkan pihak lain,” tutur Nevi.

Legislator asal Sumatera Barat II ini menambahkan, Pertamina Hulu Energi juga memiliki peran penting terhadap kebijakan gas sebagai energi transisi. Dengan besarnya kontribusi PHE, tentu semua pihak harus memberikan dukungan terhadap pengembangan Pertamina Hulu Energi Subholding upstream sebagai pemain utama bisnis migas di dalam negeri.

Politisi PKS ini mengatakan, PHE dalam berkontribusi terhadap ketahanan energi nasional, mesti memegang prinsipnya dimana harus memenuhi lima pilar, yakni availability (ketersediaan), affordability (keterjangkauan), accessibility (kemudahan), acceptability (masyarakat & lingkungan), dan sustainability (keberlanjutan).

“PHE sudah memenuhi sejumlah pilar ketahanan energi di antaranya ketersediaan, dan keberlanjutan. Dan produksi Pertamina menyumbang 54 persen dari kebutuhan nasional. Pencapaian PHE yang mengalami peningkatan produksi, juga akan menambah angka produksi energi sehingga kontribusi national oil company (NOC) semakin besar. Semoga PHE bisa semakin produktif dalam meningkatkan produksinya dan tercapainya ketahanan energi nasional,” tutup Nevi dalam sambutannya. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait