Padang Panjang Raih Berbagai Penghargaan Top BUMD Awards 2024

Kota Padang Panjang berhasil menyabet beberapa penghargaan bergengsi di Top BUMD Awards 2024, Rabu (20/3/2024). (Foto: PAUL/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Kota Padang Panjang berhasil menyabet beberapa penghargaan bergengsi di Top BUMD Awards 2024, Rabu (20/3/2024). Penghargaan itu di antaranya kategori Top Pembina BUMD 2024 yang diterima Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, Top BUMD Award 2024 Bintang 4 yang diterima Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Serambi Kota Padang Panjang dan RSUD Kota Padang Panjang. Top CEO BUMD 2024 diterima Direktur Perumdam, Adrial A. Bakar dan Direktur RSUD Kota Padang Panjang dr. Lismawati R, M.Biomed, Sp.PA.

Bacaan Lainnya

Keseluruhan penghargaan tersebut diterima Pj. Wako Sonny dan dua direktur itu di Jakarta, Ciputra World Kuningan, Jakarta Selatan.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur dan berbahagia karena Padang Panjang berhasil mendapatkan beberapa kategori penghargaan di Top BUMD 2024 ini. Penghargaan ini merupakan sebuah penghargaan terbesar dan membanggakan di Indonesia,” ujar Sonny.

Menurutnya, penghargaan ini akan semakin menambah motivasi untuk terus bekerja dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Padang Panjang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat baik ASN hingga masyarakat yang telah bekerja keras untuk mencapai penghargaan ini. Ini akan semakin memicu kita dalam meningkatkan motivasi, kinerja, layanan, inovasi dan daya saing serta layanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, kata Sonny, Top BUMD Awards adalah satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD) yang penilaiannya dilakukan secara obyektif dan independen.

Sebagai catatan, penghargaan kategori Top Pembina BUMD, diberikan kepada Gubernur/Bupati/Wali Kota yang BUMD-nya mendapat penghargaan di predikat bintang tertentu. Dengan dasar penilaian bahwa keberhasilan BUMD tidak lepas dari peran, kontribusi, dan dukungan kepala pemerintahannya.

 

Sedangkan Lismawati menyampaikan, RSUD baru perdana mengikuti Top BUMD Award ini, dan langsung terpilih mendapatkannya.

“Ini sungguh penghargaan luar biasa, karena baru pertama kali kita ikut langsung mendapatkan award,” katanya.

Diceritakan Lismawati, sebelum penghargaan ini diraih ia beserta jajaran manajemen RSUD Kota Padang Panjang mengikuti presentasi secara daring pada Jumat, 29 Januari lalu. Dengan empat juri di antaranya Subandi (Universitas Budi Luhur/ praktisi consulting), Al Hadhy (LKN), Satya Arinanto (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia), Ben de Haan dari MSI.

Presentasi berjudul “Implementasi Kinerja BLUD RSUD Kota Padang Panjang” yang disampaikan Lismawati terkait penerapan layanan dan kinerja serta inovasi-inovasi yang ada di RSUD.

“Kurang lebih kita memaparkan sebanyak 14 inovasi terbaru yang ada di RSUD. Salah satunya Smart Hospital Satu Jam Saja, dan ada 13 lainnya,” tutur Lismawati.

Sementara Adrial menyampaikan, ini adalah penghargaan yang kedua kalinya bagi Perumdam Tirta Serambi yang diterima tahun lalu.

“Penghargaan ini sebagai tantangan untuk selalu menjadikan pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat semakin baik dan memuaskan lagi. Juga apresiasi atas kerja keras dan dedikasi jajaran Tirta Serambi yang operasionalnya semakin efektif dan efisien yang diakui di tingkat nasional,” kata Adrial.

Penghargaan ini sejalan dengan prestasi Tirta Serambi menjadi BUMD Air Minum berkinerja tertinggi di Sumatera Barat pada 2023.

Top BUMD Awards merupakan ajang penghargaan tertinggi dan membanggakan bagi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Indonesia yang mempunyai prestasi melalui capaian kinerja terbaik di bidang pelayanan, tata kelola dan keuangan BUMD.

Dari 1.133 BUMD yang ada di Indonesia hanya sekitar 225 BUMD yang terseleksi memasuki babak final untuk presentasi akhir. Tahun ini mengambil tema “Penguatan Tata Kelola dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD”.

Ketua Juri Top BUMD Awards 2024, Prof. Djohermansyah Johan menjelaskan, lima kriteria BUMD yang mendapat penghargaan, yaitu kinerja bisnis yang tinggi, pengembangan bisnis berkelanjutan, berkontribusi bagi pembangunan daerah, sudah menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan menjadi role model bagi BUMD lain. (005/PAR)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait