Ketahui Cara Memanaskan Mobil yang Benar

Penjelasan cara memanaskan mobil
Mobil yang jarang dipanaskan akan mempengaruhi sirkulasi pelumasan pada mesin yang mengakibatkan mobil akan sulit dihidupkan. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Karena mobil terdiri atas berbagai komponen dan juga mesin, maka tak heran jika mobil perlu dipanaskan agar seluruh mesin dan komponen tetap bekerja dengan prima. Maka dari itu, penting bagi Anda pemilik mobil untuk mengetahui cara terbaik dari aktivitas ini. Sudah tahukah Anda step by step pemanasan mobil yang tepat? Berikut ini penjelasan cara memanaskan mobil yang benar bagi Anda.

Bacaan Lainnya

Langkah Dasar Memanaskan Mobil

Terdapat dua jenis mobil yaitu mobil matic dan juga mobil manual. Kedua jenis mobil tersebut memiliki cara kerja hingga komponen yang cukup berbeda. Bahkan cara untuk memanaskan kedua jenis mobil tersebut juga berbeda. Berikut ini cara memanaskan mobil matic dan mobil manual yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengenal Cara Memanaskan Mobil Matic

Saat ini sudah banyak orang lebih memilih untuk menggunakan mobil matic. Hal tersebut umumnya terjadi karena mobil matic memiliki sistem pengoperasian yang lebih mudah dibandingkan mobil manual. Hal tersebut disebabkan karena mobil matic tidak menggunakan tuas kopling manual sehingga orang tidak perlu memainkan kopling dengan tuas secara terus menerus.

Untuk memanaskan mobil matic sendiri Anda perlu memastikan bahwa transmisi mobil dalam posisi “P” atau transmisi parking. Hal tersebut bertujuan agar mobil tidak akan bergerak karena cengkraman dari bagian mesin ke transmisi.

Saat memanaskan mesin mobil, pastikan Anda hanya perlu membiarkan idle tanpa harus memainkan pedal gas. Perlu Anda ketahui bahwa memanaskan mobil matic sangat penting untuk mengisi kembali daya aki yang berkurang.

  1. Cara Memanaskan Mobil Manual

Untuk memanaskan mobil manual sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda ketika memanaskan mobil matic. Hal yang membedakan yaitu Anda perlu memperhatikan bahwa posisi transmisi mobil harus dalam keadaan Netral atau “N”. Posisi netral tersebut akan mencegah mobil tiba-tiba melaku ketika dipanaskan. Selain hal tersebut, ketika memanaskan mobil manual Anda juga tidak perlu memainkan pedal gas

Apa Saja Manfaat Memanaskan Mobil?

Setelah mengetahui penjelasan cara memanaskan mobil, selanjutnya dibahasa manfaat memanaskan mobil. Mobil yang jarang digunakan maupun sering digunakan tetap membutuhkan pemanasan. Hal tersebut sangat penting agar mesin dan juga komponen tetap bekerja dengan normal serta awet. Maka dari itu, tak heran jika mobil yang jarang digunakan akan mengalami berbagai kerusakan yang timbul.

Beberapa kerusakan yang sering timbul ketika mobil jarang dipanaskan yaitu melemahnya bagian aki mobil karena adanya pengurangan daya di setiap harinya sehingga aki tidak maksimal dalam bekerja. Maka dari itu manfaat memanaskan mobil yaitu agar daya mobil terisi kembali.

Mobil yang jarang dipanaskan akan mempengaruhi sirkulasi pelumasan pada mesin yang mengakibatkan mobil akan sulit dihidupkan. Bahkan hal yang cukup mengerikan ketika mobil jarang dipanaskan yaitu, komponen mobil lainnya juga akan mengalami masalah karena mesin yang tidak bekerja dan berjalan.

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda memanaskan mobil secara rutin agar menghindari masalah dan kerusakan pada mesin maupun beberapa komponen mobil.

Tip Memanaskan Mobil yang Benar

Bagi Anda yang ingin memanaskan mobil, pastikan bahwa Anda memanaskan mobil secara tepat dan benar. Hal tersebut agar komponen mobil serta mesin mobil tetap bekerja dengan baik dan prima. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui ketika memanaskan mobil.

  1. Atur Durasi dalam Memanaskan Mobil

Hal yang perlu Anda ketahui dalam memanaskan mobil yaitu mengatur durasi dalam memanaskan mobil. Lalu sebenarnya memanaskan mobil berapa lama harus Anda lakukan? Ketika Anda memanaskan mobil, Anda harus mengetahui jenis dan mesin mobil yang digunakan.

Untuk mobil dengan mesin injeksi, Anda hanya perlu memanaskannya selama kurang dari 5 menit. Karena memanaskan mobil terlalu lama hanya akan menghabiskan bahan bakar saja. Sedangkan ketika durasi memanaskan mobil yang tepat akan membuat komponen mobil bekerja dengan benar.

Namun jika mobil Anda belum menggunakan mesin injeksi, Anda dapat melakukan pemanasan mesin selama 5-10 menit agar putaran mesin dan komponen dapat bekerja dengan sempurna.

  1. Tidak Memainkan Pedal Gas

Hal yang perlu Anda ketahui ketika memanaskan mobil yaitu tidak menekan dan juga memainkan pedal gas. Anda hanya perlu memposisikan pedal pada kondisi idle untuk memanaskan mobil.

Panaskan mobil di Ruangan Terbuka

Untuk memanaskan mobil dengan baik dan benar, pastikan Anda memanaskan mobil di ruang terbuka yang teraliri udara. Hal tersebut karena ketika mobil dipanaskan, maka mesin akan membuang gas yang berbahaya, sehingga ketika memanaskan mobil di ruang terbuka maka gas berbahaya tersebut akan hilang dan tidak terhirup.

  1. Perhatikan Rem Tangan dan Posisi Transmisi

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan ketika memanaskan mobil yaitu memperhatikan bagian rem tangan dan juga posisi transmisi. Pastikan rem tangan mobil dalam keadaan aktif dan juga transmisi mobil dalam keadaan netral. Hal tersebut dilakukan agar mobil tidak akan melaju ketika Anda memanaskan mesin mobil. Terlebih lagi jika mobil Anda berada di posisi jalanan yang miring atau tidak rata.

  1. Matikan AC

Ketika Anda memanaskan mobil, ada baiknya Anda mematikan AC mobil terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi beban mesin ketika dipanaskan.

Itulah penjelasan cara memanaskan mobil yang benar. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait