Ingin Punya Pelat Nomor Cantik? Ketahui Cara dan Syaratnya

Penjelasan membuat pelat nomor
Pembuatan pelat nomor khusus akan dikenakan biaya khusus dan hargnya lebih mahal dari pelat nomor biasa. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Setiap kendaraan pasti memiliki pelat nomor sebagai identitas dan informasi kendaraan tersebut. Di antara pelat nomor tersebut, beberapa ada pemilik kendaraan yang menggunakan nomor cantik.

Bacaan Lainnya

Bila menelisik pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), penggunaan pelat nomor cantik diperbolehkan dengan syarat tertentu. Bagi Anda yang ingin membuat pelat nomor cantik, simak penjelasan membuat pelat nomor cantik berikut ini.

  1. Mendatangi Samsat setempat

Bila ingin mengajukan dan membuat pelat nomor cantik, Anda cukup mendatangi Samsat setempat dengan membawa beberapa dokumen, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), fotocopy KK, dan Bukti Pembelian Kendaraan Bermotor (BPKB).

Setelah itu, pergilah ke loket khusus yang mengurus Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB). Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi formulir NRKB yang kemudian akan diperiksa petugas untuk memeriksa ketersediaan pelat nomor tersebut.

Sebagai informasi, pada umumnya pelat nomor kendaraan akan diklasifikasikan sesuai jenis kendaraan. Pemilik kendaraan boleh menggunakan pelat nomor cantik yang tidak sesuai klasifikasi dengan syarat pelat nomor tersebut belum digunakan di kendaraan lain.

  1. Dikenakan biaya tambahan

Patut diketahui, pembuatan pelat nomor khusus akan dikenakan biaya khusus dan hargnya lebih mahal dari pelat nomor biasa. Pada tahap mengisi formulir, Anda juga bisa mengetahui jumlah harga yang harus dibayar sesuai pelat nomor khusus yang diajukan.

Setelah melalukan proses tersebut dan melakukan pembayaran, petugas akan memasukan data-data yang dibutuhkan. Kemudian Anda akan mendapatkan sertifikat atas kepemilikan pelat nomor cantik tersebut. Pada proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama daripada beberapa langkah sebelumnya.

  1. Biaya untuk memiliki pelat nomor cantik

Dalam pembuatan pelat nomor cantik akan dikenakan biaya yang lebih mahal. Diketahui bahwa semakin sedikit angka pada pelat nomor tersebut, maka harga registrasi pelat nomor tersebut akan semakin mahal. Tak hanya itu, aka nada biaya tambahan bila tidak menggunakan huruf pada bagian belakang.

Berikut biaya untuk memiliki pelat nomor cantik pada kendaraan.

  • Pelat nomor cantik 1 angka tanpa huruf dibelakang akan dikenakan biaya Rp20 juta, bila menggunakan huruf dibelakang biayanya sebesar Rp15 juta.
  • Pelat nomor cantik 2 angka tanpa huruf dibelakang biayanya Rp15 juta, lalu jika menggunakan huruf dibelakang akan dikenakan biaya Rp10 juta.
  • Pelat nomor cantik 3 angka tanpa huruf dibelakang biayanya sebesar Rp10 juta, kemudian untuk yang menggunakan huruf belakang biayanya Rp7,5 juta.
  • Pelat nomor cantik 4 angka tanpa huruf dibelakang biayanya Rp7,5 juta, jika pakai huruf dibelakang biayanya Rp5 juta.

Itulah penjelasan membuat pelat nomor cantik. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait