Ini Penyebab Aki Mobil Tekor

Penjelasan penyebab aki mobil
Kesalahan paling klasik adalah membiarkan lampu menyala semalaman. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Saat aki mobil tekor, ada banyak kemungkinan yang akan terjadi pada kendaraan Anda. Aki mobil sendiri merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai pemantik untuk menyalakan kendaraan dan merupakan sumber kelistrikan. Tekornya aki bisa disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja? Sebelum mengetahui cara untuk mengatasi aki tekor, simak penjelasan penyebab aki mobil tekor di sini.

Bacaan Lainnya

Berkendara Berulang Kali Pada Jarak Pendek

Perjalanan singkat yang berulang merusak mesin mobil, tetapi aki adalah yang paling terpengaruh. Setelah bekerja keras untuk menghidupkan mesin dalam cuaca dingin seperti saat musim hujan, perlu waktu cukup bagi kendaraan untuk pendinginan, tetapi banyak orang hanya mengendarai mobil untuk waktu yang singkat, tidak cukup untuk pendinginan.

Di musim hujan, pengemudi juga kerap menyalakan pemanas kursi, yang semakin membuat saluran pembuangan kalor bekerja keras. Tidak heran batu bata hitam akan mogok setelah perlakuan yang tidak penuh kasih sayang. Jika Anda ingin menghindari aki soak, Anda harus mengetesnya secara teratur dan menggantinya saat sudah waktunya.

Lupa Mematikan Komponen Kelistrikan Saat Mobil Mati

Kesalahan paling klasik adalah membiarkan lampu menyala semalaman. Saat Anda kembali keesokan paginya, Anda mendapati Anda tidak memiliki daya.  Perhatikan kamera dashcam dan aksesoris lainnya yang menggunakan tenaga meskipun mesin tidak hidup. Mereka tidak akan mematikan pasokan listrik Anda dalam semalam, tetapi ketika Anda tidak mengemudi beberapa hari berturut-turut, pastikan Anda mematikan apa pun yang tidak diperlukan di dalam kendaraan.

Kurang Memperhatikan Kotoran Pada Bagian Aki

Kotoran memungkinkan arus bocor mengalir antara terminal positif dan negatif, secara bertahap mengosongkan akumulator. Konektor harus selalu dijaga kebersihannya. Jika tidak, ada risiko pelepasan. Periksa terminal secara teratur dan bersihkan jika perlu.

Mengabaikan Peringatan Dari Lampu Aki

Aki tidak mati begitu saja secara tiba-tiba. Jauh sebelum itu, akan muncul tanda-tanda awal yang tidak boleh diabaikan. Tanda khasnya adalah lampu aki berkedip-kedip saat Anda menghidupkan mesin dalam keadaan dingin.

Akumulator yang lemah juga akan mempersulit mesin untuk hidup jauh sebelum benar-benar mati. Anda dapat memverifikasi dengan menyalakan lampu depan saat kunci kontak juga menyala. Jika lampu cenderung memudar, itu pertanda pasti bahwa daya 12 volt Anda perlu diisi atau bahkan diganti.

Aki Terlalu Lama dan Berumur

Aki yang terlalu berumur akan cepat tekor. Karena, semakin tua usia aki, maka semakin tak mampu menerima hantaran listrik dari alternatornya. Pada kondisi ini, tegangan aki akan semakin berkurang bahkan hilang. Akibatnya tidak akan berjalan dengan maksimal sebagai pemantik pada kendaraan. Untuk itu, selalu periksa dan ganti aki pada waktunya, ya. Terlambat mengganti aki tidak hanya membuat kendaraan mogok, tetapi juga merusak kendaraan dalam jangka panjang.

Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor dan Mencegahnya

Saat aki mobil tekor, hal yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan kendaraan lain untuk menginjeksi daya ke kendaraan Anda agar menyala. Caranya adalah dengan menggunakan kabel. Namun, pertolongan pertama ini memang tidak dapat dipakai berulang kali. Saat aki tekor, Anda mau tidak mau harus menggantinya agar tidak merusak mobil lebih jauh lagi.

Akan lebih baik jika Anda selalu melakukan pencegahan. Beli voltmeter dan uji voltasenya. Jika berada di bawah 12 volt, Anda harus mengisi ulang sesegera mungkin. Saat mengemudi jarak pendek di musim dingin, kurangi jumlah konsumsi daya seminimal mungkin untuk melindungi aki.

Itulah penjelasan penyebab aki mobil tekor. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait