5 Tips Memilih Gadget untuk Anak

Penjelasan tips memilihi gadget
Beberapa orangtua ada yang memutuskan untuk membelikan anak-anaknya gadget dengan tipe dan brand yang serupa dengan mirip mereka. Hal ini ternyata bukan tanpa alasan, sebab beberapa merek gadget menawarkan fitur untuk memudahkan akses pemantauan. (Foto: Pin/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Kecanggihan teknologi saat ini membuat semua orang sangat bergantung pada penggunaannya. Tak hanya terbatas pada orang dewasa saja, sebab anak-anak pun juga membutuhkan gadget untuk mendukung aktivitas dan rutinitasnya.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Tentu saja orangtua harus sangat cermat dalam memilih tipe gadget yang cocok untuk anak-anaknya. Oleh sebab itu, penjelasan tips memilihi gadget untuk anak berikut ini.

  1. Cari gadget yang memang diperuntukan untuk anak

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencari gadget yang memang diperuntukkan untuk anak. Ada beberapa brand yang memang membuat gadget secara khusus untuk anak.

Tentu saja biasanya tipe gadget tersebut sudah benar-benar dirancang sebaik mungkin untuk anak, termasuk fungsi dan keamanannya. Oleh sebab itu, orangtua jadi tak perlu khawatir lagi apabila ingin membelikan untuk anak.

  1. Jika memungkinkan, cari gadget dengan fitur parental control

Orangtua tentu tidak ingin melepas anak 100 persen pada saat menggunakan gadget. Bagaimana pun juga penggunaan gadget harus benar-benar dipantau secara maksimal, sehingga dapat menghindari segala pengaruh buruk yang ada.

Bila memang memungkinkan, maka kamu dapat berupaya mencari gadget yang memiliki fitur parental control. Fitur ini dapat membantu orangtua untuk mengawasi aktivitas anak selama menggunakan gadget tersebut.

  1. Pastikan keamanan fungsinya

Keamanan fungsi juga menjadi salah satu pertimbangan penting saat membeli gadget untuk anak. Ada beberapa ponsel yang memang sudah secara otomatis memiliki pengiklanan di dalamnya, sehingga sangat rentan bila terlihat atau terklik oleh anak.

Memastikan keamanan fungsi juga dapat membantu orangtua memantau anak agar tak sembarangan mengakses situs tertentu. Oleh sebab itu, pastikan bahwa fitur yang digunakan anak memang child friendly, sehingga tak ada yang dikhawatirkan lagi pada saat menggunakannya.

  1. Bisa memilih gadget dengan merek yang sama dengan orangtua

Beberapa orangtua ada yang memutuskan untuk membelikan anak-anaknya gadget dengan tipe dan brand yang serupa dengan mirip mereka. Hal ini ternyata bukan tanpa alasan, sebab beberapa merek gadget menawarkan fitur untuk memudahkan akses pemantauan.

Fitur pemantauan tersebutlah yang biasanya hanya dapat diakses pada gadget dengan merek yang sama. Apabila memang gadget-mu mendukung untuk melakukan hal tersebut, maka tak menjadi masalah.

  1. Kapasitas baterai dan desain yang cocok

Baterai dan desain yang diperuntukkan untuk anak juga harus menjadi pertimbangan lainnya. Usahakan untuk mencari gadget yang dapat mendukung aktivitas lebih lama, sehingga kapasitas baterainya juga harus banyak.

Tak hanya itu saja, desain yang dipilih juga diusahakan harus cocok untuk anak. Selain itu, gunakan pelindung agar tak mudah terjatuh apabila digunakan oleh anak. Dengan demikian, maka penggunaannya akan jauh lebih aman.

Itulah penjelasan tips memilihi gadget untuk anak. Semua hal di atas bisa menjadi pertimbangan pada saat memilih gadget untuk anak. Terpenting semuanya aman dan sesuai untuk kebutuhan anak. (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait