Perbedaan Ban Biasa dengan Ban Tubeless, Mana yang Lebih Unggul?

Perbedaan Ban Biasa dengan Ban Tubeless, Mana yang Lebih Unggul? (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Ketika Anda memiliki sepeda motor, terkadang Anda akan bingung dengan istilah ban biasa dan ban tubeless.

Bacaan Lainnya

Ban biasa dan ban tubeless memiliki perbedaan utama dalam desain dan kinerja. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya.

  1. Struktur dan Desain

Ban biasa menggunakan ban dalam (tube) yang terletak di dalam ban luar (tire). Udara diisi di dalam ban dalam ini. Sedangkan, ban tubeless tidak memiliki ban dalam. Udara diisi langsung ke dalam ban luar, dan ban tersebut memiliki lapisan kedap udara yang mencegah kebocoran.

  1. Pemasangan

Ban biasa memerlukan pemasangan ban dalam secara terpisah, yang bisa lebih rumit dan memerlukan lebih banyak waktu. Sementara itu, ban tubeless lebih mudah dipasang karena tidak memerlukan ban dalam. Namun, pelek harus kompatibel dengan ban tubeless.

  1. Kebocoran

Jika terjadi kebocoran pada ban biasa, ban dalam bisa robek atau bocor, dan ban luar perlu dilepas untuk memperbaiki atau mengganti ban dalam. Sementara, ban tubeless cenderung bocor lebih lambat dan lebih mudah ditambal tanpa harus melepas ban dari pelek. Sealing yang baik juga mengurangi kemungkinan kebocoran mendadak.

Dengan memahami perbedaan ini, Anda dapat memilih jenis ban yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kendaraan Anda. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait