Peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Sabar AS Bertindak sebagai Irup

Bupati pasaman, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan hari jadi Pancasila. (Foto : Pemkab Pasaman/SumbarFokus.com)

PASAMAN (SumbarFokus)

Momentum Peringatan Hari Pancasila di Kabupaten Pasaman tahun ini diperingati dengan pelaksanaan Upacara bendera di halaman kantor Bupati Pasaman, Sabtu (1/6/2024).

Bacaan Lainnya

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan hari jadi Pancasila tersebut yakni Bupati Pasaman, Sabar AS. Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan upacara yakni Danramil 05/Rao Kapten Inf Nurmansah.

Peserta upacara terdiri dari 2 pleton anggota Kodim 0305/Pasaman, 1 pleton anggota polres Pasaman, 1 pleton satpol PP, 1 pleton anggota BPBD, 3 pleton ASN Kab. pasaman, 1 Regu mahasiswa, Siswa SMA I Lubuksikaping, juga dihadiri oleh Forkopimda, Plt Sekda Pasaman Yasri Uripsyah, Kepala OPD, BUMD, dan sejumlah ormas di kabupaten Pasaman.

Bupati Pasaman Sabar AS dalam amanatnya menyampaikan bahwa Upacara Bendera ini bertujuan untuk mengenang dan menghormati momen lahirnya pancasila sebagai Dasar Negara.

“Hari lahir Pancasila 2024 ini juga menjadi momen untuk mengenang menghargai dan menghormati para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, dikatakan, Pancasila juga merupakan alat pemersatu bangsa, Pancasila dapat dimaknai sebagai dasar Negara dan sebagai landasan kepribadian dalam kehidupan bermasyarakat.

Hari kesaktian Pancasila, ditambahkan, diadakan untuk mengenang peristiwa G30S PKI, di mana Hari lahir Pancasila diperingati untuk merayakan lahirnya ideologi Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia. (016)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait