Pertama di Sumatera, Kelurahan Kampung Pondok Kota Padang Bakal Jadi Perkampungan Moderasi Beragama

Pertama di Sumatera, Kelurahan Kampung Pondok Kota Padang Bakal Jadi Perkampungan Moderasi Beragama. (Foto: Pemko Padang/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Didiami oleh penduduk yang heterogen dan harmonis, Kelurahan Kampung Pondok, di Kota Padang, akan dipersiapkan menjadi Perkampungan Moderasi Beragama Kota Padang dan pertama di Pulau Sumatera.

Bacaan Lainnya

Hal itu dituturkan Pj Wali Kota Padang Andree Algamar saat membuka acara Temu Tokoh Lintas Agama Kampung Kerukunan Antar Umat Beragama Kota Padang di Gedung Himpunan Bersatu Teguh (HBT), di Pondok, Sabtu (8/6/2024).

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Padang itu, Andree menyebut Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, merupakan miniatur Indonesia.

Sebab, kelurahan ini didiami oleh penduduk yang heterogen dengan keharmonisan dan toleransi yang tinggi antarumat beragama. Kerukunan antar lintas agama di Kota Padang akan menciptakan kesejahteraan dan jauh dari gesekan yang memicu terjadinya konflik.

“Kita mengapresiasi FKUB dengan acara temu lintas umat beragama hari ini, sebab ini langkah baik untuk mendukung terwujudnya Kota Padang yang toleran dan harmonis. Semoga ke depan Kampung Pondok bisa menjadi role model bagi Kota Padang keseluruhan hingga kota lainnya di Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Edy Oktaviandi mengungkapkan apresiasi kepada Pemerintah Kota Padang yang telah serius mewadahi dan mendukung program mewujudkan kerukunan di tengah-tengah masyarakat.

Pemko Padang melalui Kemenag mengeluarkan kebijakan tentang moderasi beragama, yaitu cara pandang, sikap dan perilaku selalu mengambil posisi tengah, selalu bertindak adil dalam beragama.

Hadir juga dalam acara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabankesbangpol) Kota Padang Tarmizi, Ketua FKUB Kota Padang Prof. Salmadanis, dan Forkopimda se-Kota Padang. (000/ril)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait