Pj Ketua TP PKK Muba Haidir Rakon dan Rakor TP PKK se-Provinsi Sumsel

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin Asna Aini Apriyadi mengikuti Rapat Konsultasi (Rakon) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024. (Foto: PIJAI/SumbarFokus.com)

PALEMBANG (Sumbar Fokus)

Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin Asna Aini Apriyadi mengikuti Rapat Konsultasi (Rakon) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024. Acara berlangsung di Griya Agung Palembang, Senin (15/1/2024).

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Pj Ketua TP PKK Muba beserta Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Sumsel, menerima tali kasih dari TP PKK Provinsi Sumsel, yaitu bantuan tanggap tangguh bencana alam bagi kabupaten yang terkena banjir, bantuan berupa selimut, handuk dan biskuit yang berjumlah 500 helai per kabupaten/kota.

Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni dalam sambutannya mengatakan, Rakon dan Rakor TP PKK se-Sumsel dilaksanakan sebagai forum evaluasi dan perencanaan program maupun kebijakan gerakan PKK yang menghasilkan keputusan sebagai landasan dalam bekerja. Disampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus PKK yang sudah melaksanakan rakon/raker dengan baik.

“Sesuai dengan Rakornas TP PKK pada 2023 kemarin yang mengusung tema “Terus Berkontribusi untuk Indonesia Maju” bertujuan menyamakan persepsi yang berkaitan kebijakan pemerintah melalui Gerakan PKK secara nasional. Selain sebagai upaya mengintegrasikan perencanaan dan pelaksanaan sepuluh program pokok PKK, dia juga berharap melalui kegiatan tersebut dapat terwujud hubungan yang harmonis antara Tim Penggerak PKK pusat, provinsi, dan kabupaten/kota yang ada di Sumsel,” ucapnya.

Sementara itu Pj Ketua TP PKK Muba menyampaikan sejumlah hal penting terkait dirinya sengaja hadir pada Rakon dan Rakor TP PKK se-Provinsi Sumsel tersebut. Dirinya juga memaparkan beberapa program kerja yang akan dilaksanakan oleh Sekretariat dan 4 Pokja TP PKK Kabupaten Muba di tahun 2024

“Pokja 1 yakni program Pengembangan kegiatan yang terintegrasi dalam Rumah Cinta yang terdiri dari Taman Penitipan Anak Permata Bunda dan Posyandu Prima serta Tempat Konseling bagi anak/remaja, Korban KDRT, Korban Narkoba bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak,” bebernya.

Kemudian di Pokja 2, yakni Peningkatan produktivitas hasil UP2K, melalui optimalisasi hilirisasi produk UP2K  dengan cara meningkatkan dan mengembangkan MOU produk UP2K dengan pihak hotel-hotel yang ada di Kabupaten Muba serta kolaborasi bersama perangkat daerah melalui kegiatan MOU bersama PKK serta peningkatan kapasitas SDM dan kualitas produk UP2K melalui kegiatan pilot project Rumah DILAN (Pendidikan dan Keterampilan).

Lanjut Asna, adapun di Pokja 3, ada Gerakan Desa B2SA dalam mendukung ketahanan pangan keluarga, mengembangkan percontohan kebun buah di setiap kecamatan.

Kemudian, Pokja 4, adalah sosialisasi Posyandu Prima, gerakan senam lansia, senam sehat dan pemeriksaan kesehatan di Rumah Cinta, dan pilot project tanggap tangguh bencana dan peduli lingkungan di Desa Bukit Jaya, Kecamatan Sungai Lilin. Ada juga penanganan stunting melalui kegiatan pilot project Gerakan PKK Kabupaten/Desa Bebas Stunting Desa Sidorejo, Kecamatan Keluang. (014)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait