Pj. Wako Payakumbuh bersama Forkopimda dan TPID Pantau Langsung Harga Kebutuhan Pokok

Payakumbuh
Pj Walikota Payakumbuh dan TPID memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Ibuah . (Foto: Ist.)

PAYAKUMBUH (SumbarFokus)

Sehabis rakor bersama Menteri Dalam Negeri terkait pengendalian inflasi, Pj. Wali Kota Payakumbuh bersama Forkopimda dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Payakumbuh pantau harga kebutuhan pokok yang berkontribusi terhadap inflasi daerah di Pasar Tradisional Ibuah, Senin (30/1/2023).

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Bersama tim, Pj. Wako Rida Ananda memantau lima komoditas pokok utama yaitu cabe, bawang, beras, daging, dan telur.

Untuk harga daging sapi rata-rata per minggunya berada di angka Rp135 ribu per kilogram, telur ayam Rp27.067 per kilogramnya, cabe merah keriting Rp43.750 per kilogramya, harga bawang merah Rp36.867 per kilogramnya, sedangkan beras Rp15.500 per kilogramnya.

Dari hasil tinjauannya itu, Pj. Wako Rida Ananda menyatakan, harga bahan pokok di Kota Payakumbuh cenderung stabil. Meski ada kenaikan di beberapa jenis komoditas.

“Alhamdulillah, harga-harga sudah mulai normal. Tadi saat kita tanya pedagang, ada kenaikan harga pada bawang merah, cabe, bawang putih, dan telur,” kata Rida Ananda usai sidak di Pasar Tradisional Ibuh.

Namun, ditambahkan, kenaikan harga komoditas tersebut dinilai masih terjangkau oleh masyarakat.

Dikatakan, Pemko Payakumbuh selalu melakukan monitoring ketersediaan bahan pokok. Sebab, jika bahan pokok mengalami kelangkaan, maka dapat berdampak pada kenaikan harga.

“Kita bersama dinas terkait selalu monitoring terus, untuk menjaga kestabilan harga pangan pokok ini. Kita lihat stok dipasaran cukup tersedia,” ujarnya.

Diberitahukan juga, masyarakat Payakumbuh bisa memantau harga kebutuhan pokok di Payakumbuh setiap harinya melalui aplikasi Mykopay

Senada, Ketua DPRD Payakumbuh, Kapolres Payakumbuh, Kajari, Dandim 0306/50 Kota saat sidak mengatakan harga kebutuhan pokok di Payakumbuh tidak ada kenaikan yang signifikan. (026)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait