Rombongan Pansus II DPRD Agam ke DPRD Sumbar, Diterima Ketua Pansus RPJPD Sumbar, Ini Pembahasannya

Selasa (2/7/2024) ini, bertempat di ruang khusus I DPRD Provinsi Sumbar, Ketua Pansus RPJPD Provinsi Sumatera Barat 2025- 2045 HM Nurnas menerima kunjungan kerja Pansus II pembahasan Ranperda tentang RPJPD Kabupaten Agam 2025- 2045, yang bertujuan untuk studi banding, sharing informasi dan kunjungan kerja. (Foto: DPRD Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Selasa (2/7/2024) ini, bertempat di ruang khusus I DPRD Provinsi Sumbar, Ketua Pansus RPJPD Provinsi Sumatera Barat 2025- 2045 HM Nurnas menerima kunjungan kerja Pansus II pembahasan Ranperda tentang RPJPD Kabupaten Agam 2025- 2045, yang bertujuan untuk studi banding, sharing informasi dan kunjungan kerja.

Bacaan Lainnya

HM Nurnas mengatakan, pusat memiliki ketentuan imperatif dari 45 indikator berpusat ke pusat, sisanya ada kearifan lokal. RJPD Provinsi Sumbar, dijelaskan politisi asal Demokrat itu, telah ada kesepakatan dengan Kabupaten dan Kota dan berdasarkan surat edaran gubernur Sumbar yang mengacu pada RPJMN.

“Dari mulai persiapan RPJMD pertama sampai ke empat itu sudah disusun, tinggal mampu tidak kawan- kawan mengawal dan menyelaraskan RPJPD menyelaraskan itu, karena dikejar itu adalah arah kebijakan,” ujar HM Nurnas

Menurut HM Nurnas, pihaknya mengingatkan BAB III itu adalah permasalahan dan issu, harus berkaitan erat dengan arah kebijakan dan sasaran pokok.

“Kalau alpa disitu, gagal lah dalam menjadikan Agam yang baik, maju dan berkelanjutan kedepan,” Nurnas menekankan.

Politisi yang vokal ini juga mengatakan, Kabupaten Agam memiliki daerah luas, memiliki potensi cukup unik, terutama soal lingkungan.

“Gunung Singgalang, Tanjung Raya banyak hal- hal lain itu adalah rawan- rawan bencana, nah kuncinya di RPJPD,” ujar HM Nurnas

Diketahui, arah kebijakan RPJPD Provinsi Sumatera Barat tahun 2025- 2045 dengan visi Sumatera Barat Madani, Maju dan berkelanjutan berlandaskan agama dan budaya dan misi mewujudkan transformasi sosial menuju sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing.

Arah kebijakan I salah satunya pemenuhan pelayanan dasar, pendidikan dan perlindungan sosial, arah kebijakan II salah satunya percepatan pembangunan SDM berkualitas dan inklusif, arah kebijakan III salah satunya penguatan daya saing SDM dan keberlanjutan kesejahteraan dan arah kebijakan IV salah satunya perwujudan masyarakat Sumbar yang unggul. Arah kebijakan selama 20 tahun akan datang menjadi kunci untuk menyelesaikan sasaran pokoknya

Tampak acara dihadiri Pimpinan dan anggota Pansus II RPJPD 2025- 2045 Kabupaten Agam dan staf, Kabag Persidangan dan Perundangan Sekretariat DPRD Provinsi Sumbar Zardi, Kasubag Humas dan Protokol Idris dan Staf Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait