Saluran Pokir Rahmat Saleh, “Sumbar Cerdas” Terbukti Dorong Kemajuan Pendidikan

Program "Sumbar Cerdas" adalah program yang diusung oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rahmat Saleh, dengan menggunakan dana Pokok Pikiran (Pokir). (Foto: DPRD Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Program “Sumbar Cerdas” adalah program yang diusung oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rahmat Saleh, dengan menggunakan dana Pokok Pikiran (Pokir).

Bacaan Lainnya

Legislator dari Fraksi PKS ini memang tengah gencar meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh wilayah Sumbar. Dengan “Sumbar Cerdas”, Rahmat Saleh kunjungi sekolah-sekolah hingga ke pelosok Sumbar.

Seperti dijelaskan saat reses masa sidang pertama tahun 2024 di Padang. Dijelaskan, salah satu poin penting dari program “Sumbar Cerdas” adalah upaya untuk memperbaiki infrastruktur pendidikan yang ada.

“Seperti renovasi dan pembangunan sekolah-sekolah, serta penyediaan fasilitas yang memadai untuk proses belajar mengajar,” kata Rahmat Saleh, yang saat ini kembali maju sebagai Caleg, untuk DPR RI itu, Senin (1/2/2024), di Padang.

Dijelaskan, program Sumbar Cerdas pernah menyelamatkan sebuah sekolah yang sebelumnya akan ditutup karena murid di sekolah tersebut sangat sedikit, sekarang menjadi sekolah unggul.

“Pada tahun 2022 lalu, SMAN 9 Solok Selatan pernah mau ditutup karena siswa nya sangat sedikit, bahkan lebih banyak guru dari pada muridnya. Alhamdulillah, berkat Program Sumbar Cerdas saat ini sekolah tersebut menjadi SMA unggul dan berasrama,” kata Rahmat Saleh.

Rahmat Saleh juga menyoroti perlunya peningkatan kualitas tenaga pendidik dan pengelola sekolah di Sumbar. Dia menekankan perlunya pelatihan dan pembinaan bagi guru dan tenaga pendidik agar mampu memberikan pembelajaran yang efektif dan berkualitas.

“Program “Sumbar Cerdas” fokus untuk meningkatkan akses pendidikan di daerah terpencil dan terluar di Sumbar, sehingga tidak ada satu pun anak yang terpinggirkan dari proses pendidikan,” jelas Rahmat Saleh.

Rahmat Saleh mengajak semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun stakeholder terkait, untuk bersama-sama mendukung dan mewujudkan visi “Sumbar Cerdas” ini guna menciptakan generasi Sumbar yang cerdas, kompetitif, dan berkualitas menuju Indonesia Emas 2045. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait