Sekda Medison Pimpin Upacara Bendera Memperingati Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Solok

Sekda Medison Pimpin Upacara Bendera Memperingati Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Solok. (Foto: Pemkab Solok/SumbarFokus.com)

SOLOK (SumbarFokus)

Sekda Kabupaten Solok Medison pimpin upacara bendera peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Solok, Senin (3/6/2024).

Bacaan Lainnya

Ia menyampaikan sambutan Menkominfo dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila dibacakan oleh Inspektur Upacara.

“Hari ini kita dihadapkan pada realita kemajuan teknologi yang begitu pesat, kita telah memilih untuk ikut serta dan menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Lebih dari seabad yang lalu tepatnya 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo yang menjadi simbol lahirnya Kebangkitan Nasional yang kita rayakan pada hari ini.  Apa yang digagas oleh Budi Utomo, Kartini dan embrio bangsa yang kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai Jembatan Emas yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di tanah air sendiri. Hari ini kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.  Di hadapan kita kita telah terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia. Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60% penduduk Indonesia dalam dua dekade ini berada pada usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi. Bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Dititik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045,” paparnya terkait pidato Menkominfo RI.

Ia menutup, semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait