Sekda Pasaman Mara Ondak: Peringatan HPSN Menjadi Momentum Kepedulian terhadap Sampah

Pasaman
Sekda Kabupaten Pasaman Mara Ondak dan Camat Lubuk Sikaping Nina Dharmayanti, saat meninjau stan bank sampah sekolah dasar, (21/2/2023). (Foto: PENOFIANDRI)

PASAMAN (SumbarFokus)

Pemerintah Kecamatan Lubuk Sikaping menggelar memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 dengan tema “Pasaman Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan”, di Komplek Gor Tuangku Rao Lubuk Sikaping, Selasa (21/2/2023).

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Kegiatan HPSN diselenggarakan selama tiga hari, mulai 21 sampai 23 Februari mendatang, dengan peserta utusan SD/SDLB, utusan Nagari/PKK Nagari se-Kecamatan Lubuk Sikaping.

Bupati Pasaman, dalam arahannya yang di sampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Mara Ondak, menyampaikan bahwa sampah telah menjadi persoalan yang sangat serius dengan multi dimensi, sehingga melibatkan banyak komponen terkait.

“Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 ini dapat menjadi momentum bagi semua pihak untuk bergerak atau peduli terhadap sampah dan pengelolaan sampah secara berkelanjutan,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, keterlibatan berbagai dalam upaya pengelolaan sampah perlu ditingkatkan, karena keberhasilan upaya pengelolaan sampah memerlukan kolaborasi program baik pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.

“HPSN Tahun 2023 harus menjadi babak baru pengelolaan sampah di Kecamatan Lubuk Sikaping dan Kabupaten Pasaman pada umumnya, untuk menuju nol sampah dan zero emision,” ungkapnya.

Selanjutnya, Sekdakab Pasaman mengatakan, pengelolaan sampah dengan penguatan kegiatan pemilihan sampah di sumber dan pemanfaatan sampah sebagai bahan baku daur ulang merupakan dukungan tujuan minim sampah hingga terwujud zero emisi dan peningkatan ekonomi rakyat.

Mengakhiri sambutannya, Mara Ondak berharap, dengan memperingati HPSN Tahun 2023, permasalahan sampah yang dihadapi dapat menjadi daya guna kita bersama.

Sebelumnya, Camat Lubuk Sikaping Nina Darmayanti, menyampaikan, peringatan HPSN di Kecamatan Lubuk Sikaping ini merupakan kedua kali dilaksanakan, dengan beberapa rangkaian acara dan lomba, dengan tujuan supaya lebih luas dimeriahkan dan diikuti oleh masyarakat banyak.

Nina juga mengatakan, tujuan peringatan HPSN di antaranya adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat agar sadar akan kebersihan lingkungan, mengurangi, memilah dan mendaur ulang sampah.

“Untuk meningkatkan motivasi tumbuh dan lebih aktifnya bank sampah Nagari se-Kecamatan Lubuk Sikaping dan bank sampah sekolah-sekolah supaya bergerak mengurangi sampah plastik, memilah, mengolah sampah organik dan anorganik menjadi barang yang produktif dan ekonomis,” pungkasnya.

(016)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait