Semen Padang Salurkan 33 Ekor Sapi Kurban

PT Semen Padang tiap tahun terus membagikan sapi kurban kepada masyarakat lingkungan perusahaan. Pada Iduladha 1445 H tahun ini. Sebanyak 33 ekor sapi kurban diserahkan kepada masyarakat untuk disembelih di masjid/musala yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Padang, yaitu Lubuk Kilangan, Pauh, dan Lubuk Begalung. (Foto: Semen Padang/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Seperti Iduladha sebelumnya, PT Semen Padang tiap tahun terus membagikan sapi kurban kepada masyarakat lingkungan perusahaan. Pada Iduladha 1445 H tahun ini. Sebanyak 33 ekor sapi kurban diserahkan kepada masyarakat untuk disembelih di masjid/musala yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Padang, yaitu Lubuk Kilangan, Pauh, dan Lubuk Begalung.

Bacaan Lainnya

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z. Lubis di Padang, Sabtu (15/6/2024) menjelaskan, penyerahan hewan kurban merupakan salah satu agenda rutin perusahaan tiap tahunnya.

“Ini juga merupakan bentuk kepedulian PT Semen Padang melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) terhadap masyarakat yang berada di sekitar lingkungan serta dalam upaya melaksanakan syiar agama Islam di lingkungan Perusahaan,” katanya.

Dia berharap agar daging kurban ini dapat didistribusikan secara tepat kepada mereka yang berhak menerimanya.

“Mudah-mudahan daging kurban ini dapat bermanfaat bagi keluarga yang berhak menerimanya,” katanya.

Pada kesempatan itu Iskandar mengharapkan dukungan dari seluruh stakeholders perusahaan agar anak usaha SIG itu tetap bisa memberikan kontribusi pada daerah, dan negara.

“Dukungan dari seluruh stakeholders perusahaan sangat kami harapkan, agar PT Semen Padang tetap terus berkembang sehingga bisa menjalankan program-programnya demi kesejahteraan rakyat,” katanya.

Kepala Unit CSR PT Semen Padang Dedi M Shidiq menjelaskan, penyerahan sapi kurban itu telah dimulai sejak Kamis (13/6/2024). Selain di tiga kecamatan di Kota Padang, PT Semen Padang juga menyalurkan untuk daerah perwakilan PT Semen Padang seperti di Dumai, Lampung, Aceh dan di Bengkulu.

Di Kecamatan Lubuk Kilangan, hewan kurban diserahkan ke masjid/musala yang ada di kelurahan di Lubuk Kilangan, termasuk ke Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan.

Untuk Kelurahan Batu Gadang, diserahkan ke Musala Uswatun Hasanah Sikayan Mansek, Masjid Nurul Hidayah Ngalau, dan Masjid Nurul Iman. Kemudian untuk Kelurahan Indarung ke Masjid Ubudiyah Tepi Air dan Masjid Al-Ittihad.

Selanjutnya untuk Kelurahan Padang Besi, Bandar Buat, Koto Lalang, Baringin dan Tarantang. Untuk Padang Besi, sapi kurban diserahkan ke Masjid Jami’, Bandar Buat ke Musala Nur Ihsan, Koto Lalang diserahkan ke Musala Taqwa Gurun Kudu, di Baringin untuk Masjid Nurul Wujud dan di Tarantang ke Musala Baitul Ramah.

Selanjutnya untuk Kecamatan Pauh, diserahkan ke Kantor KAN Pauh V, KAN Limau Manis, Masjid Ikhlas Batu Busuk, Musala Nurul Yakin Piai Tangah, Masjid Raya Limau Manis, Masjid Nurul Islam Koto Baru dan Masjid Al Wathan Limau Manis.

Kemudian untuk Kecamatan Lubuk Begalung hewan kurban diserahkan ke Kantor KAN Nan XX dan untuk Masjid Jabal Thur Bukit Putus, Kelurahan Pampangan,” beber Dedi sembari menyebut bahwa pada Iduladha tahun ini, PT Semen Padang juga menyerahkan kurban untuk jamaah Masjid Raya Teluk Bayur.

Imam sekaligus Ketua Pengurus Musala Baiturrahmah Kelurahan Tarantang Bakri Can, mengaku sangat bersyukur mendapatkan bantuan sapi kurban dari PT Semen Padang. Apalagi, kata dia, di Musala Baiturrahmah pada Iduladha tahun ini tidak ada peserta kurban sapi, yang ada hanya peserta kurban perseorangan dengan 1 ekor kambing.

“Kalau tidak ada bantuan sapi kurban dari PT Semen Padang, mungkin hanya 1 ekor kambing itu saja yang akan kami sembelih di Hari Raya Iduladha ini. Untuk itu, kami sangat berterima kasih sekali kepada PT Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan sapi kurban. Ini kebahagiaan sangat luar biasa yang kami rasakan di tengah keterbatasan ekonomi masyarakat sekitar musala ini,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Imam Masjid Nurul Wujud Kelurahan Baringin, Syaharuddin. Kata dia, pada Iduladha tahun ini, ada 5 ekor sapi dan 7 ekor kambing kurban yang disembelih. Dari jumlah hewan kurban tersebut, 1 ekor sapi merupakan bantuan dari PT Semen Padang. Untuk itu, mewakili jamaah Masjid Nurul Wujud, dia pun mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan hewan kurbannya.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada manajemen PT Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan 1 ekor sapi kurban untuk kami. Setelah disembelih, daging sapi kurban ini akan kami distribusikan kepada masyarakat Baringin. Sudah kami siapkan juga 400 kupon daging kurban. 1 kupon nantinya akan kami isi dengan 1,5 kg daging kurban ditambah 0,5 kg jeroan,” katanya. (000/sp)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait