Terus Bergulir, Perlombaan MTQ di Muba Masuki Babak Semifinal dan Final

Pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Musi Banyuasin masih terus bergulir dan berjalan dengan sangat baik dan lancar. (Foto: PIJAI/SumbarFokus.com)

SEKAYU (SumbarFokus)

Pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Musi Banyuasin masih terus bergulir dan berjalan dengan sangat baik dan lancar.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Senin (6/5/2024), di hari ketiga pelaksanaan lomba MTQ, sudah terdapat beberapa cabang perlombaan yang memasuki babak semifinal dan final, di antaranya lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ), lomba Fahmil Quran (Cerdas-Cermat), dan lomba Kaligrafi.

Menurut Ketua Dewan Hakim Cabang Lomba KTIQ Kabupaten Muba Topan Saputra menyampaikan, karya tulis ilmiah Al-Qur’an ini merupakan jenis pembinaan dalam membuat karya ilmiah yang berbasis kandungan Al-Qur’an. Sementara, Lomba menulis karya ilmiah ini, peserta menulis makalah sekitar 10-15 lembar, peserta diperbolehkan membawa laptop dengan sistem pakai silang antar peserta agar peserta tidak copy paste, boleh bawa buku, jurnal, dan referensi yang sesuai tema.

“Jadi untuk di awal perlombaannya kemarin, jumlah peserta yang mengikuti lomba sebanyak 20 orang, yang di mana itu 10 orang putra dan 10 orang putri. Nah, saat ini kita sudah memasuki babak semifinal dari 20 peserta terpilih menjadi 12 peserta, 6 orang laki dan 6 perempuan. Selanjutnya, mereka menulis kembali untuk ke babak final, di mana peserta akan mempresentasi makalah di depan dewan hakim, disertai tanya jawab dan peserta harus bisa mempertahankan ide-ide mereka tersebut dengan argumen ilmiah. Pada saat final nanti lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ) akan dialihkan ke opproom,” jelasnya.

Sementara, untuk cabang lomba Fahmil Quran sudah memasuki babak final yang akan berlangsung di opproom pada Rabu (9/5/2024) mendatang.

Untuk diketahui Musabaqah Fahmil Qur’an adalah jenis lomba pemahaman atau pendalaman Al-Qur’an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat.

Menurut dewan hakim, materi soal dalam cabang Fahmil Quran ini ada 30 paket soal pilihan, di antaranya meliputi ayat Al-Qur’an, tafsir, lagu, bahasa Arab, bahasa Inggris, waris, dan lain-lainnya.

“Cabang Fahmil Quran ini terdiri atas regu Putra dan Putri, dan diikuti sebanyak 30 regu, yakni 14 regu Putra dan 15 regu Putri. Untuk final nanti akan diambil 4 regu putri dan 4 regu putra,” pungkasnya. (014)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait