Jangan Asal ke Bengkel, Ini Ciri-Ciri Bengkel Mobil Terpercaya

Tips memilih bengkel mobil
Mekanik di bengkel resmi akan lebih mengenali seluk-beluk mobil dan mengerti kebutuhan pada setiap masalah yang timbul. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Servis kendaraan bermotor secara berkala penting dilakukan. Supaya performa kendaraan tetap optimal sekaligus menjaga kondisi kendaraan tetap prima. Dengan perawatan yang baik, masa pakai kendaraan pun menjadi lebih panjang.

Bacaan Lainnya

Maka itu, memilih bengkel untuk servis mobil tidak boleh sembarangan. Pemeriksaan dan perawatan mobil harus dilakukan di tempat yang memiliki kredibilitas baik agar tidak menimbulkan masalah lebih lanjut.

Berikut ini merupakan tips memilih bengkel mobil terpercaya.

  1. Pilih Bengkel Mobil Resmi

Mekanik di bengkel resmi akan lebih mengenali seluk-beluk mobil dan mengerti kebutuhan pada setiap masalah yang timbul. Selain itu, bengkel resmi pasti menyediakan suku cadang asli. Namun, biaya jasa servis dan harga suku cadang asli di sini lebih mahal dibandingkan bengkel nonresmi dan produk aftermarket.

  1. Kualifikasi Mekanik

Bengkel yang bagus harus memiliki mekanik atau montir bersertifikat dengan pengetahuan dan pengalaman luas untuk melakukan perbaikan mobil. Montir profesional pada umumnya juga mengajak konsumen untuk berdiskusi mengenai perawatan mobilnya.

  1. Fasilitas Bengkel Lengkap

Bengkel yang bagus memiliki fasilitas lengkap dan memadai. Alat-alatnya juga modern, ruang tunggu yang nyaman, dan peralatan pendukung lainnya yang diperlukan dalam perawatan dan perbaikan mobil.

  1. Kualitas Pelayanan

Bengkel yang bagus memiliki pelayanan yang baik terhadap para konsumen. Seperti informasi yang jelas tentang masalah mobil, estimasi biaya, dan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan.

  1. Transparansi

Tempat servis yang baik akan menjelaskan secara detail dan transparan tentang perawatan dan perbaikan yang dibutuhkan kendaraan. Misalnya tentang jenis dan kualitas suku cadang, jasa servis, serta biaya perbaikan yang diperlukan.

  1. Berani Beri Garansi

Tidak hanya pelayanan yang baik dan profesional, bengkel mobil juga berani memberikan garansi untuk pekerjaan yang dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan sekaligus menjadi tanda bahwa bengkel melakukan perbaikan dengan kualitas terbaik.

  1. Biaya Layanan Wajar

Biaya jasa servis mobil di bengkel tersebut harus wajar. Namun, juga sepadan dengan kualitas pelayanan yang diberikan.

  1. Lokasi Bengkel Mudah Dijangkau

Pilihlah lokasi bengkel yang mudah diakses dan dekat dengan tempat tinggal agar memudahkan untuk melakukan perawatan atau perbaikan mobil bila tiba-tiba bermasalah.

  1. Reputasi Bengkel Baik

Selalu cek track record dan reputasi dari bengkel sebelum mempercayakan kendaraan Anda. Track record dan reputasi bengkel dapat dicari tahu melalui ulasan di internet atau rekomendasi teman.

Itulah beberapa tips memilih bengkel mobil terpercaya. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meminimalisasi risiko penipuan. (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait