UNP Gelar Wisuda Periode 135, Lulusan Didorong Responsif Terhadap Perubahan

UNP Gelar Wisuda Periode 135, Lulusan Didorong Responsif Terhadap Perubahan. (Foto: Pemkab Agam/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar wisuda periode 135 selama dua hari, 1-2 Juli 2024 di Auditorium UNP. Pada periode ini UNP mewisuda sebanyak 1.723 lulusan dimana 832 lulusan di hari pertama dan 891 lulusan di hari kedua.

Bacaan Lainnya

Rektor UNP, Krismadinata, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan selamat dengan rasa bahagia dan apresiasi tinggi, atas kelulusan wisudawan/wisudawati sekaligus mengucapkan selamat atas gelar akademik yang telah diraih, sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh.

“kami mengharapkan lulusan Universitas Negeri Padang terus menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan kehidupan bermasyarakat di Negara Republik Indonesia, seraya terus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya di hadapan para wisudawan dan tamu undangan, Senin (1/7/2024).

Dalam sambutannya yang berjudul “Mengintegrasikan Nilai-nilai Dasar Organisasi dalam Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi di UNP” ia berpesan kepada para wisudawan untuk meningkatkan kekuatan pada pengetahuan, skill dan soft skill di tengah bermunculannya kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI).

“Selanjutnya kita juga mengharapkan anda, dimanapun berada, tetap menjadikan nama baik, jadikanlah almamater tercinta UNP ini selalu di hati, dengan menjaga nama baik kampus kita, berkolaborasi, berkomunikasi dengan sesama alumni. Kita yakin, anda insyaallah bisa dan sukses dalam menggapai cita-citanya (Man jadda wajada),” tambahnya.

Senada dengan itu, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB University) Prof. Dr. Arif Satria yang memberikan orasi ilmiah pada wisuda hari pertama ini mengingatkan kepada wisudawan untuk responsif terhadap semua perubahan jika ingin menjadi sukses di abad 21 ini. Menurutnya orang yang mampu sukses di abad 21 ini adalah mereka yang terus membangun skill-skill baru, kemampuan-kemampuan baru untuk menghadapi perubahan.

“Sehingga ada orang-orang yang berasal dari keluarga miskin, sekolahnya pas pasan, gurunya pas pasan tapi dia tetap menjadi orang hebat, kenapa? karena dia fokus pengembangan diri, mine side positif dan dia selalu mensyukuri keadaan dan lalu dia sukses,” terangnya.

Selain itu, menurutnya orang yang akan sukses itu ialah orang-orang yang menggantukan mimpi setinggi-tingginya sehingga mereka memiliki target dalam menjalankan hidup. “Orang-orang seperti inilah yang akan mengalahkan orang-orang yang mempunyai bakat,” tambahnya.

Diketahui, Wisuda UNP Periode 135 ini merupakan wisuda perdana Krismadinata sebagai Rektor UNP. Tak hanya rektor wisuda ini juga merupakan wisuda perdana sejumlah jajaran pimpinan UNP mulai dari Wakil Rektor II, III dan IV. Selain itu pada Wisuda hari kedua yang digelar Selasa (2/7/2024) yang akan memberikan orasi ilmiah adalah Bupati Tanah Datar, Eka Putra, S.E., M.M.

Turut hadir pada wisuda hari ini, Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Universitas, Wakil Rektor I,II, III dan IV, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana serta Sekolah Vokasi, Kepala dan Sekretaris Lembaga, Kepala dan Sekretaris Badan, Kepala Biro Selingkungan, kepala dan Sekretaris SPI dan Kepala UPT, Kepala Pusat, Kepala Kantor. Kemudian Kepala dan Sekretaris Departemen, koordinator Program Studi serta Kepala Bagian. (000/unp)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait