Wabup Rudi Hariyansyah Hadiri Kegiatan Batagak Gala Kaum Suku Caniago Muara Sakai

Rudi
Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah menghadiri batagak penghulu malewakan gala suku Caniago, Randi Pratama di Muara Sakai, Kecamatan Pancung Soal, Sabtu (4/3/2023). (Foto: Ist.)

PESISIR SELATAN (SumbarFokus)

Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah menghadiri batagak penghulu malewakan gala suku Caniago, Randi Pratama di Muara Sakai, Kecamatan Pancung Soal, Sabtu (4/3/2023).

Bacaan Lainnya

Batagak penghulu melewakan gala suku Caniago itu juga dihadiri unsur pemerintah kecamatan, Forkopimca, pemerintah Nagari, KAN, ninik mamak, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wabup Rudi Hariyansyah mengatakan bahwa niniak mamak memiliki peran strategis dalam menyokong pembangunan daerah di segala sektor.

“Jabatan niniak mamak merupakan jabatan yang istimewa, dengan jabatan yang diembannya niniak mamak memiliki ruang yang tidak terbatas dalam menyokong pembangunan,” katanya.

Menurutnya, pembangunan tanpa sokongan niniak mamak akan hambar dan begitu sebaliknya, pembangunan yang mendapat sokongan niniak mamak akan bernilai tinggi bahkan melebihi dari target.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengungkap bahwa niniak mamak memiliki peran yang strategis dalam menekan berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan seperti perjudian, penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

“Niniak mamak tidak memiliki batasan dalam mencegah terjadinya hal-hal tersebut, sehingga keberadaan niniak mamak juga strategis dalam meminimalkannya,” katanya lagi.

(000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait